Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Redaksi
Senin, 15 Maret 2021, 16:04 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:29Z
DaerahHukum & Kriminal

Polsek Patumbak tangkap pelaku spesialis pencurian bongkar rumah


Polsek Patumbak ringkus pelaku pencurian bongkar rumah berinisial BIS warga Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Medan Amplas di Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Medan Amplas tepatnya di bawah Fly over Amplas, pada Kamis (25/2/2021).


Aksi pencurian yang dilakukan tersangka terjadi di kediaman LWS, Kamis (4/2/2021) lalu. Saat itu, tersangka berhasil mengambil harta korban berupa 1 unit HP dan 1 buah dompet berisi uang Rp2 juta.


Polsek Patumbak yang mendapat laporan langsung bergerak cepat. Tim yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Philip Antonio Purba SH MH didampingi Panit I Ipda MY Dabutar SH langsung turun ke TKP dan dari petunjuk CCTV tersangka berhasil diamankan.


“Dalam aksinya tersangka beraksi seorang diri. Diduga sudah memantau lokasi terlebih dahulu, tersangka masuk ke dalam rumah lewat pintu depan dengan cara memasukan tangannya melalui jendela mengambil kunci yang tergantung di pintu dalam,” ucap Kapolsek Patumbak, Kompol Arfin Fachreza, SIK MH melalui Kanit Reskrim, Iptu Philip A Purba SH MH, Senin (15/3/2021).


"Saat pencurian terjadi, korban tengah tertidur di kamarnya. Korban sadar rumahnya dimasuki maling saat bangun pagi dan melihat pintu rumahnya dalam keadaan terbuka,” terang Philip.


Lanjutnya, dari pemeriksaan tersangka mengakui perbuatannya dan sudah menjual HP korban pada tukang becak di kawasan Jalan Seksama dengan harga Rp150 ribu. (Red)


“Barang bukti yang kita amankan rekaman CCTV dan baju yang digunakan tersangka saat menjalankan aksinya. Tersangka kita jerat Pasal 363 ayat 1 ke 3e KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” terangnya.