Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu
Sabtu, 22 Januari 2022, 15:05 WIB
Last Updated 2022-01-22T08:07:48Z
Daerah

Bumdes dan Kelompok Tani di Pakpak Bharat Terima Alsintan

Foto : Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mencoba Alsintan

PAKPAK BHARAT – nduma.id

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian membagikan berbagai jenis alat mesin pertanian kepada puluhan Bumdes, Kelompok Tani, dan kolompok pengguna lainnya (20/01/2022).

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengungkapkan kendala yang dihadapi petani di Pakpak Bharat adalah metode pertanian yang masih mangandalkan cara kerja manual yang sangat menguras tenaga dan waktu tidak efisien.

“Metode pertanian kita selama ini masih mengandalkan sistem konvensional dan manual, hal ini tentunya sangat merugikan bagi para petani kita yang pastinya membutuhkan banyak tenaga dan waktu disamping juga akan mengurangi mutu dan kualitas produksi pertanian yang dihasilkan.”  Kata Bupati.

Bupati juga berpesan agar seluruh alat mesin yang telah dibagikan dapat dimanfaatkan secara maksimal dan dijaga bersama agar penggunaannya bisa lebih maksimal.

Bupati juga berharap agar masyarakat terus menggalakkan pertanian di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Saya harap seluruh kepala desa supaya lahan-lahan yang akan diolah di desa masing-masing untuk segera dikoordinasikan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk dapat segera kita kelola sehingga akan segera mendatangkan manfaat,” pesan Bupati.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Ketahana Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Maringan Bancin menjelaskan bantuan alsintan ini adalah kegiatan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Anggaran 2021 yang lalu.

Kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian pemerintah kepada masyarakat petani kita yang selama ini sangat kesulitan dikarenakan minimnya peralatan pertanian.

Mesin pertanian yang kita dibagikan diantaranya alat pengering jagung bed dryer 11 unit dan rotari dryer 8 unit, cultivator 8 unit, serta pemipil jagung berkelobot 8 unit.

Sasarannya adalah peningkatan perekonomian, mengakomodir kebutuhan masyarakat di Desa. Berbagai peralatan mesin yang dibagikan adalah jenis multifungsi yang dapat dipergunakan dengan berbagai kebutuhan. (nd1)