KADIS LH

KADIS LH

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 25 Januari 2022, 18:33 WIB
Last Updated 2022-01-25T11:40:30Z
Daerah

Dokter Muda Fakultas Kedokteran UMSU Kembali Dapat Pelatihan SAR

Foto : Dokter Muda Fakultas kedokteran UMSU berfoto dengan Instruktur dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan.

MEDAN - nduma.id

Kantor Pencarian dan Lertolongan Medan (Basarnas Medan) kembali melanjutkan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada bidang program pendidikan profesi dokter (P3D)

Para dokter muda dari fakultas jedokteran UMSU akan mendapatkan pelatihan coast pada stase management pencarian dan pertolongan di kantor Basarnas Medan.

Targetnya dokter muda dapat mengetahui dan memiliki keterampilan dasar tentang pencarian dan pertolongan (SAR),

" Harapan kita para dokter muda nantinya siap ketika dibutuhkan pada situasi rawan dalam hal ini pada kegiatan operasi SAR di lokasi bencana," tulis Sariman, Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan melalui pesan WhatsApp. Selasa (25/1/2022).

Dari pelatihan itu para dokter muda mendapat keahlian sejauh mana peran penting dunia kesehatan pada situasi urgent saat terjadi bencana dan selalu siap untuk membantu dalam situasi kapanpun.

Program pendidikan ini merupakan sebuah kerjasama yang telah dilakukan antara Basarnas Medan dengan Fakultas Kedokteran UMSU dari beberapa tahun lalu.

Awal tahun ini ada 2 kelompok dokter muda terdiri dari 10 orang mengikuti Coast Stase management pencarian dan Pertolongan yang berlangsung selama 14 hari. 

Para dokter muda menerima materi tentang pencarian dan pertolongan dari instruktur Basarnas Medan baik secara teori maupun praktikal.

Materi teori kelas yang diterima adalah substansi Basarnas, management operasi SAR, management posko SAR, dasar-dasar pertolongan di air, dasar-dasar pertolongan di gunung hutan, MFR tingkat dasar, dasar-dasar pertolongan di ketinggian, komunikasi SAR, dokumentasi dan kehumasan SAR, kesamaptaan jasmani.

Sedangkan materi praktikal dilakukan di kolam, aplikasi tower di kantor SAR Medan dan praktikal perahu karet di danau Cadika Medan.

Program pendidikan profesi dokter berlangsung sesuai dengan jadwal Coast Stase management pencarian dan pertolongan yang dilakukan oleh fakultas kedokteran UMSU. (nd1)