DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Kamis, 03 Februari 2022, 14:16 WIB
Last Updated 2022-02-03T07:16:33Z
DaerahEkonomi

Jokowi Resmikan Penataan Kampung Ulos Huta Raja di Samosir

Foto : Presiden Jokowidodo di Kampung Ulos Huta Raja

SAMOSIR, Pangururan - nduma.id

Setelah mengunjungi Huta Sialagan di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Sumatera Utara, Presiden Jokowidodo mengakhiri rangkaian kunjungan kerja hari pertama di Provinsi Sumatera Utara dengan meninjau dan meresmikan penataan Kampung Ulos Huta Raja di Kecamatan Pangururan. 

Kedatangan rombongan  di sambut dengan tarian tortor batak.

Warga yang menunggu terlihat tak sabar untuk melihat kehadiran jokowi di tempat ini.

Disini Presiden berkeliling kampung melihat penataan Kampung Ulos Huta Raja, sesekali berbincang dengan para penenun ulos.

“Saya sangat berterima kasih sekali kepada seluruh masyarakat, pemerintah daerah yang memberikan dukungan terhadap revitalisasi ini, dan semuanya ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR,” kata Jokowi, Rabu (2/2/2022).

Revitalisasi Kampung Ulos Huta Raja diharapkan sebagai konservasi terhadap warisan pusaka.

Presiden Jokowi mengapresiasi semua pihak yang telah memberikan dukungan terhadap penataan Kampung Ulos Huta Raja.

Penataan kawasan ini bermula saat kunjungan Jokowi pada tahun 2019 lalu. 

Saat itu, jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk menata kembali kawasan tersebut agar menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang menarik.

Revitalisasi dilakukan dengan luas lahan 16 ribu meter persegi pada tahun 2020-2021 dengan biaya sebesar Rp 25,8 Miliar.

Lingkup penataan antara lain revitalisasi atap Rumah Bolon, pembangunan baru Rumah Bolon, Pusat Informasi Budaya Galeri dan Suvenir, penataan Pagar Makam, amfiteater/plaza, warung kopi, dan toilet umum.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom. (nd1)