Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 04 Februari 2022, 23:55 WIB
Last Updated 2022-02-04T16:56:53Z
Daerah

Jokowi Kagum Melihat Keterampilan Berhitung Gasing Pelajar SD

Foto : Presiden Jokowi melihat kemampuan berhitung Gasing pelajar SD (Diskominfo Pakpak Bharat)

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id

Dalam kunjungan Presiden Republik Indonesia Ir.H Joko Widodo di Kabupaten Toba Sumatera Utara, Jokowi menyempatkan bertemu pelajar Sekolah Dasar di Rumah Jabatan Bupati Humbang Hasundutan.

Jokowi menguji langsung kemampuan berhitung GASING (Gampang, Asyik, Menyenangkan) anak-anak Sekolah Dasar yang telah dilatih di Institute Teknologi DEL.

Puluhan anak yang sebagian berasal dari Kabupaten Pakpak Bharat itu memamerkan kemapuan berhitung cepat mereka dibawah arahan Prof. Johannes Surya, pencetus dan penemu Gasing.

Deretan angka perkalian, pembagian, penjumlahan dan sebagainya mereka selesaikan dengan sangat cepat dan mudah.

Presiden Republik Indonesia, Ir. H Joko Widodo terlihat kagum akan kemampuan anak-anak ini.

“Kembangkan dan asah terus kemampuanmu, raih masa depan dan cita-citamu,” Pesan Joko Widodo kepada pelajar.

Selain dilatih teknik berhitung cepat cara Gasing, para pelajar ini juga dididik disiplin, keterampilan dan juga secara rohani dan berbagai ilmu lainnya.

“Program pelatihan ini adalah buah kerjasama kita, Pemerintah Pakpak Bharat dengan pihak Institute Teknologi DEL yang bersedia untuk melatih anak-anak ini,” terang Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor di lokasi acara.

Prof.Johanes Surya, pencetus dan penemu metode Gasing menjelaskan pentingnya kemampuan berhitung dalam mengasah bakat dan kemampuan serta menggali potensi anak.

Dalam demontrasi keterampilan ini, Pakpak Bharat mengutus tiga orang anak didik untuk menunjukkan kemampuan mereka di hadapan Presiden Joko Widodo. Mereka adalah Kevin Matondang dari SDN 030434 Parjaratan, Sahpen Berutu dari SDN 034815 Singgabur dan Morya Gracia Lumban Tobing dari SD Inpres 030436 Kerajaan. (**)