SMSI

SMSI
Kamis, 10 Februari 2022, 23:47 WIB
Last Updated 2022-02-10T16:48:55Z
Daerah

PKK Desa dan Bunda Paud Kecamatan Siempat Nempu Hilir di Lantik

Pengukuhan dan pelantikan PKK Desa dan Bunda Paud di Kecamatan Siempat Nempu Hilir (foto/Istimewa)

DAIRI,
Siempat Nempu Hilir – nduma.id

Pengukuhan dan pelantikan PKK Desa dan Bunda Paud di tiap-tiap kecamatan di Kabupaten Dairi Sumatera Utara terus di gelar.

Di Kecamatan Siempat Nempu Hilir, pelantikan di gelar Kamis (10/2/2022) di aula kantor camat Siempat Nempu Hilir di hadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu.

“Pelantikan Ketua PKK dan pengukuhan Bunda Paud Desa didasarkan pada jabatan suami kita sebagai kepala desa,” kata Romy Mariani Eddy Berutu.

Sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 5 tahun 2007, gerakan PKK merupakan gerakan nasional yang tumbuh dari bawah untuk mencapai pembangunan.

Kita harus satu pemahaman dulu. Keberadaan kita adalah karena jabatan suami kita. Jadi kita harus bisa memberi sumbangsih membantu tugas kepala desa. PKK sebagai mitra pemerintah, dengan 10 program PKK nya sangat membutuhkan dukungan dari kepala desa,” ujar Romy dihadapan para kepala desa.

Terkait Paud, Romy menyampaikan Bunda Paud adalah simbol figur bagi pendidikan anak usia dini. Tentu menjadi bunda Paud bukanlah pekerjaan mudah, sehingga butuh peran dari Kelompok-kelompok kerja (Pokja).

“Agar bunda paud desa bisa terbantu dalam melaksanakan program-program Paud, saya menyarankan segeralah bentuk pokja Paud sehingga bunda paud desa tidak bekerja sendiri,” kata Romy.

Sementara Camat Siempat Nempu Hilir, Suwanto Sitakar menyampaikan bahwa secara dokumen masih 7 Paud yang sudah berdiri di kecamatan Siempat Nempu Hilir. Diharapkan semoga segera desa Lae Haporas akan memiliki Paud tersendiri.

“Dengan luas wilayah yang cukup besar dan akses jalan yang tidak mudah, kita berharap semua pihak seperti Dinas Pendidikan dan para pemerhati pendidikan bisa membantu mewujudkan Paud di desa-desa kecamatan ini agar lahir generasi gemilang dimasa yang akan datang,” tutup Sitakar.

Adapun ketua PKK desa dan Bunda Paud yang dilantik, diantaranya dari Desa Janji, Lae Markelang, Lae Luhung, Lae Haporas, Jambur Indonesia, Pardomuan, dan desa Simungun.Hadir dalam kegiatan ini mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Penilik Paud dari Dinas Pendidikan Hulman Manurung. (**)