DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Jumat, 11 Februari 2022, 00:07 WIB
Last Updated 2022-02-10T17:08:36Z
Daerah

Ketua PKK dan Bunda PAUD di Pakpak Bharat, di Lantik


Foto bersama usai di lantik Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa se Kabupaten Pakpak Bharat. (foto/istimewa)

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pakpak Bharat, Juniatry Franc Tumanggor melantik Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa se Kabupaten Pakpak Bharat (08/02/2022). Acara digelar di Balai Diklat BKPSDM, Cikaok.

“Ketua dan pengurus PKK baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan tingkat Desa harus mampu mengembangkan dan menguatkan peran PKK dalam membantu Pemerintah di berbagai bidang, pendidikan, kesehatan serta bidang lainnya,” kata Juniatry.

Dikatakan hal yang menjadi tantangan saat ini dan kedepannya bagaimana bisa  mengembangkan dan membudayakan sepuluh program pokok PKK sesuai dengan eksistensi dalam kehidupan keluarga dan masyarakat, sehingga PKK akan tumbuh menjadi pilar kokoh, tidak hanya fokus pada kesejahteraan keluarga, namun juga dapat berpartisipasi pada sektor lain dan berbagai isu terkait perempuan dan anak, edukasi pencegahan perkawinan anak, pencegahan stunting, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan upaya penguatan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid 19.

Ketua TP PKK juga mengajak seluruh Ketua dan Pengurus PKK agar menghidupkan kembali Pendidikan Anak Usia Dini di Desa dan Kecamatan masing-masing. 

“Bunda Paud yang juga kita kukuhkan hari ini untuk berperan aktif di wilayahnya masing-masing seperti penitipan anak, kelompok bermain dan lain sebagainya,” pungkas Ketua TP PKK Pakpak Bharat itu.

Pelantikan dirangkai dengan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se Kabupaten Pakpak Bharat.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor beserta Wakil Bupati, H. Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd turut hadir.

“Organisasi PKK memiliki peran dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas Pemerintah,” kata Bupati.

Tujuan utama dari gerakan PKK adalah mewujudkan kesejahtaraan keluarga yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir batin.

Kesejahteraan keluarga harus kita upayakan karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembanguan suatu Daerah,” terang Bupati.

Ada beberapa upaya PKK dalam membantu program Pemerintah diantaranya upaya penanggulangan kemiskinan, upaya peningkatan ketersediaan pangan, upaya pemberian pelayanan dasar yakni pendidikan untuk semua lini dan upaya pelayanan bidang kesehatan.

Bupati juga berpesan kepada segenap Bunda PAUD agar turut berperan untuk terus menggugah masyarakat sekitar dalam mendukung Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, menggerakkan pembelajaran dan kemajuan anak usia dini. (**)