DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Jumat, 11 Maret 2022, 19:19 WIB
Last Updated 2022-03-14T12:31:04Z
Nasional

Basarnas Sosialisasi Sistem Deteksi Dini di Medan

Sosialisasikan Sistem Deteksi Dini di Ballroom Lantai 2 Cambridge Hotel Medan. (Foto/Basarnas)

MEDAN - nduma.id

Badan  SAR Nasional mensosialisasikan Sistem Deteksi Dini di Medan. Sosialisasi di gelar di Ballroom Lantai 2 Cambridge Hotel Medan, Rabu, 09 Maret 2022.


Anggit Mulyo Satoto selaku Koordinator substansi penyiapan dukungan komunikasi dan sertifikasi direktorat sistem komunikasi Basarnas mengingatkan peserta agar menerapkan protokol kesehatan saat kegiatan.

Dalam sambutan Direktur Sistem Komunikasi Basarnas Brigjen TNI Widjang Pranjoto yang di bacakan Anggit Mulyo mengatakan pelaksanaan sosialisasi sistem deteksi dini  merupakan salah satu upaya basarnas memberikan gambaran tentang program sistem deteksi dini terhadap pancaran sinyal marabahaya dari radio beacon dimana Radio Beacon sendiri berupa Emergency Locator Transmitter (ELT) yang digunakan dalam transportasi udara, Emergency Position Indicator Radio Beacon (EPIRB) yang digunakan dalam transportasi laut dan Personal Locator Transmitter (PLB) yang digunakan untuk perorangan.


"Sinyal yang terpancar dari Radio Beacon ini dideteksi oleh Basarnas dan negara lain yang memiliki stasiun bumi dimana kecepatan pendeteksian merupakan salah satu cara dalam peningkatan respon time sehingga saya mengajak semua komponen yang mempunyai dan atau yang mengoperasikan Radio Beacon agar meregistrasikan Radio Beacon yang dimiliki ke Basarnas yang sudah disiapkan Basarnas dengan fasilitas dan tanpa dipungut biaya sepeserpun." Ucap Anggit Mulyo.


Kepada pemilik dan operator Radio Beacon di ingatkan untuk mengupdate data, termasuk pada saat penggantian baterai, perubahan nomor kontak atau penggantian HEXA ID-nya.


“Sedangkan untuk EPIRB yang sudah tidak digunakan lagi, Kami menganjurkan untuk menyimpan dengan baik dengan terlebih dahulu mencabut konektor baterainya untuk menghindari pancaran yang tidak diinginkan." tambahnya.


Kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Medan Toto Mulyono dan kepala kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Capt. Jhonny Runggu Silalahi memberikan sambutan serta paparan terkait dengan tema sosialisasi sistem deteksi dini. 


Diakhir acara, Anggi Mulyo Satoto, memberikan cinderamata berbentuk Miniatur Helikopter Basarnas kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan yang disaksikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan Toto Mulyono.


Peserta sosialisasi terdiri dari  TNI/Polri, kementerian dan lembaga, perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, perusahaan BUMN dan komunitas.


Di akhir acara panitia memperkenalkan bentuk EPIRB dan alat Pendeteksi pancaran sinyal marabahaya yaitu Direction Finder (DF) selanjutnya melaksanakan foto bersama peserta dan panitia. (**)