SMSI

SMSI
Kamis, 10 Maret 2022, 12:25 WIB
Last Updated 2022-03-10T05:25:58Z
Daerah

Bupati Pakpak Bharat Minta Kawasan Deleng Simenoto Ditata Baik


Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor di Delleng Simenoto. (Foto/Kominfo Pakpak Bharat)

PAKPAK BAHRAT, PGGS - nduma.id

Masyarakat Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat setiap tahunnya menggelar tradisi ritual Menanda Tahun, digelar rutin di Delleng Simenoto untuk meminta agar hasil pertanian mendapat berkah dan izin dari sang penguasa.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menyatakan mendukung segala hal dalam pelestarian budaya suku Pakpak salah satunya acara ritual menda tahun ini.

Dia juga menyampaikan harapannya agar masyarakat bisa saling berkoordinasi dengan pemerintah supaya lokasi menanda tahun yang ada di Delleng Simenoto bisa ditata lebih baik lagi, sehingga kedepan moment ini bisa menjadi salah satu wisata di Kabupaten Pakpak Bharat. 

" Pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai budaya suku Pakpak sangat perlu kita lestarikan guna bertujuan untuk mendukung pengembangan adat budaya nusantara. Dalam rangka antisipasi dan tidak tergerus oleh  perkembangan peradaban global saat ini," ujarnya.

Pelestarian adat budaya suku Pakpak bisa  menjadi filter yang mulai terkikis dengan kehadiran budaya luar, terutama bagi anak muda yang merasa bahwa melakukan budaya luar itu adalah tren dan kekinian.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi langsung situs sakral "Menanda Tahun" di Delleng Simenoto, Kecamatan PGGS Kabupaten Pakpak Bharat, bersama para staf ahli, pimpinan OPD serta para tokoh masyarakat PGGS. (Kominfo Pakpak Bharat).