DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Kamis, 10 Maret 2022, 12:48 WIB
Last Updated 2022-03-10T05:48:52Z
Daerah

Pakpak Bharat - Subulussalam Bahas Perbaikan Akses Dua Daerah

Rombongan Walikota Subulussalam foto bersama Bupati Pakpak Bharat. (Foto/Kominfo Pakpak Bharat)

PAKPAK BAHRAT, PGGS - nduma.id

Walikota Subulussalam, H.Affan Alfian Bintang,SE berjung ke Kabupaten Pakpak Bharat Rabu (09/03/2022). Orang nomor satu di Pemerintah Kota Subulussalam itu diterima Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor bersama Wakilnya H.Mutsyuhito Solin, Penjabat Seketaris Daerah Pakpak bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM serta beberapa Pejabat lainnya.

Mereka membahas kondisi jalan penghubung antara Kabupaten Pakpak Bharat dan Kota Subulussalam yang belakangan ini mengalami rusak parah.

Menurut Walikota Subulussalam akses sangat vital khususnya bagi warga Subulussalam dan beberapa Kabupaten lainnya di wilayah Provinsi Aceh.

“Ini sangat mengundang keprihatinan kami dan menurut hemat kami sudah waktunya kita memberikan perhatian penuh dalam membenahi jalan ini, mungkin dengan pemasangan pagar pengaman yang cukup, perbaikan struktur dan kondisi jalan, pelebaran badan jalan dan sebagainya,” ucap Walikota.

Aakses jalan buruk di katakan menyebabkan rentan kecelakan lalu lintas di sepanjang jalur ini.

“ Untuk itu mari sama-sama kita membenahi jalan ini demi kebaikan kita semua,” Katanya.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengatakan akses jalan nasional ini menjadi salah satu urat nadi penting bagi perekonomian Pakpak Bharat.

“Keberadaan jalan lintas nasional ini memang menjadi salah satu tumpuan besar ekonomi kami di Kabupaten Pakpak Bharat, hasil-hasil pertanian kami banyak dikirim ke wilayah Aceh melalui jalan ini, berbagai hasil bumi kami termasuk sawit dan karet serta kebutuhan pangan lainnya banyak kami distribusikan ke Aceh melalui jalan ini,” kata Franc.

 

Dia sangat setuju dengan apa yang disampaikan Walikota subulusalam. Kualitas jalan ini harus ditingkatkan lebih baik lagi.

Bupati juga berpendapat tentang perlunya sebuah forum bersama antara Pemerintah Kabupaten dan Kota khususnya bagi Daerah yang berada di sepanjang jalan lintas Nasional ini.

“Kita sebaiknya membuat sebuah forum bersama, para Pemerintah Daerah baik Pakpak Bharat, Dairi, Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Aceh Selatan dan Daerah lainnya, kita perlu duduk bersama untuk membicarakan hal ini dan kami, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bersedia menjadi tuan rumah dalam pertemuan ini untuk merumuskan bersama nantinya langkah apa yang harus kita ambil,” ucap Bupati.

Bupati juga menyinggung keberadaan jalan penghubung Lagan-Pagindar di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat yang menjadi jalur alrernatif penghubung dua Provinsi.

“Sudah waktunya juga kita mengupayakan jalan lintas alternatif antara dua Provinsi ini, jalan penghubung lagan-Pagindar yang bisa terkoneksi langsung dengan wilayah Aceh tepatnya di Kabupaten Aceh Singkil,” ujarnya.

Kita berharap kolaborasi dua wilayah yang bertetangga ini dapat membantu menyelesaikan persoalan yangg ada antara kedua tetangga ini khususnya mengenai jalan penghubung ini, kita akan berupaya bersama-sama merealisasikan apa yg tadi kita bicarakan bersama, tungkaas Bupati lagi. (Kominfo Pakpak Bharat).