SMSI

SMSI
Senin, 30 Mei 2022, 08:22 WIB
Last Updated 2022-06-01T01:25:20Z
DaerahPakpak Bharat

Lomba Bertutur Tingkat Kabupaten Pakpak Bharat Dibuka

Bupati Pakpak Bharat memberikan sambutan membuka acara. (Foto/kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT, Salak - nduma.id

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menyambut dan mendukung terlaksananya kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan khusus Masyarakat Lomba Bertutur se-Kabupaten Pakpak Bharat.

Hal ini disampaikannya saat pembukaan lomba bertutur tingkat Kabupaten, Senin (30/05/22) di Gedung Serba Guna Salak.Kec Salak Kab.Pakpak Bharat.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengatakan kegiatan membaca sangatlah diperlukan dalam membantu perkembangan kecerdasan anak.

“Kebiasaan membaca tidak akan tumbuh dengan sendirinya, keluarga menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk kebiasaan anak membaca dan dengan membaca dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi serta menstimulasi imajinasi anak,”  katanya.

Lomba bertutur yang di laksanakan pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat tidak terlepas dari persoalan rendahnya minat baca saat ini sehingga perlu dimotivasi untuk lebih sering dan intensif mengunjungi perpustakaan yang saat ini yaitu pojok baca.

Bupati Franc berharap  kegiatan ini tetap berlanjut sehingga dapat meningkatkan motivasi  masyarakat untuk membaca terutama untuk para anak anak, pelajar dan mahasiswa.

Bunda Literasi Kabupaten Pakpak Bharat, Juniatry Franc Bernhard Tumanggor mengatakan semboyan buku adalah jendela dunia.

“Dengan membaca kita bisa menjelajah dunia, jangan hanya dipergunakan sebagai penghias semata,” katanya.

Dia menjelaskan dengan membaca maka akan banyak manfaat antara lain, terhindar dari kebodohan, meningkatkan konsentrasi, menjadi tau sesuatu hal yang semula belum tau, fasih bertutur kata dan manfaat lainnya.

Dari sejumlah manfaat tersebut dapat disimpulkan bahwa membaca itu penting karena dengan membaca dapat memperoleh informasi maupun ilmu pengetahuan.

"Minat membaca ini harus diawali sejak dini agar kita terbiasa dan tentu saja memperoleh manfaat yang besar dan salah satu pihak yang berperan aktif ialah pemerintah karena salah satu tugas pemerintah adalah mencerdaskan anak bangsa agar terwujudnya negara yang maju serta dapat bersaing dengan negara negara lain," jelasnya.

Kegiatan ini juga mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai nilai kehidupan. 

Acara sudah dilaksanakan 8 kali untuk tingkat kecamatan pada 22 s/d 28 April yang lalu.

Adapun peserta dalam kegiatan yang dinilai oleh Mansehat Manik, PT Padang dan Nurlela Solin  ini adalah,para siswa SD yang  telah menjadi pemenang pertama pada pelaksanan lomba bertutur tingkat kecamatan.

Sebelum Lomba dimulai, para dewan juri yang diwakili oleh Mansehat Manik, terlebih dahulu memberikan penjelesan dan pemahaman tentang cara dan aturan bertutur kata. (Sumber : Kominfo Pakpak Bharat).