SMSI

SMSI
Selasa, 10 Mei 2022, 19:33 WIB
Last Updated 2022-05-10T12:33:48Z
Nasional

Pembunuhan Mahasiswa Asal Siantar di Yogyakarta Terungkap, SMSI Sumut Apresiasi Polisi

Suasana rumah duka. (Foto/Istimewa)

MEDAN – nduma.id

 

Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil menangkap pelaku pembunuhan David Siallagan (22), mahasiswa asal Kota Pematangsiantar.

 

Dirreskrimum Polda DIY, Kombes Pol Ade Ary Syam Indriadi  pada konferensi persnya, Selasa (10/5/2022) pagi menyebut pelaku penusukan dua mahasiswa itu berinisial YF.

“Korban dan pelaku tidak saling mengenal,” ungkap Kombes Pol Ade Ary Syam Indriadi.

Pelaku YF ditangkap 36 jam setelah terjadi pembunuhan itu. Pelaku diamankan di Babarsari, kemudian dibawa ke Polda DIY dan dilakukan pemeriksaan.

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta yang cepat mengungkap kasus itu.

Didampingi Ketua SMSI Siantar-Simalungun, Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung juga mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya David Siallagan, yang merupakan anak mantan Ketua PWI Kota Pematangsiantar, Timbul Siallagan, Selasa (10/5/2022).

"Kami dari SMSI Sumatera Utara mengapresiasi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah berhasil mengungkap kasus pembunuhan dua mahasiswa, yang salah satunya David Siallagan, warga Kota Pematangsiantar," katanya.

Ucapan turut berduka cita juga disampaikan Rivay Nicholson Bakkara, Ketua SMSI Siantar-Simalungun.

"Apalagi, David Siallagan juga merupakan anak rekan kami sesama wartawan, Bapak Timbul Siallagan. Jadi duka beliau, juga duka kami semua. Khususnya para wartawan di Siantar-Simalungun," sebut Rivay.

Jenazah David Siallagan (22) tiba di rumah duka, di Jalan Sarulla Kelurahan Martimbang Kecamatan Siantar Selatan Kota Pematangsiantar, Senin (9/5/22) sekira pukul 17.40 WIB. Almarhum adalah mahasiswa jurusan Etnomusikologi di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Dari keteangan polisi, mahasiswa jurusan Etnomusikologi di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu menjadi korban pembunuhan yang dilakukan oleh sekelompok orang, di Jalan Raya Seturan Catur Tunggal Kabupaten Sleman Provinsi DI Yogyakarta, pada Minggu (8/5/22) dini hari.

Kombes Ade Ary menjelaskan, pembunuhan terhadap David Siallagan berama temannya Tegar bermula saat korban berpapasan dengan pelaku di perempatan Selokan.

Kelompok korban naik sepeda motor, berjumlah enam orang.

Mereka datang dari arah Barat bertemu lima orang kelompok pelaku di Selokan.

Saat berpapasan, kedua kelompok tidak mau saling mengalah. (red).