Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 24 Mei 2022, 18:44 WIB
Last Updated 2022-05-24T12:31:35Z
Dairi

Sepuluh Paket Proyek PUTR Dairi di Tander

Jhon Nicolas Silalahi, Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Dairi. (Foto/Rudi)

DAIRI, Sidikalang - nduma.id

Sebanyak 10 paket proyek di dinas PUTR Kabupaten Dairi, Sumatera Utara mulai di tenderkan.

Total anggaranya mencapai 72 Miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus tahun 2022.

Jhon Nicolas Silalahi, Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Dairi, mengatakan dana itu di alokasikan untuk pengerjaan hotmix jalan sepanjang 22,511 KM yang tersebar di 5 Kecamatan. Kecamatan Tanah Pinem, Sumbul, Sitinjo, Siempat Nempu Hilir, dan Kecamatan Tigalingga.

Proses tander dikatakan masih belum terlambat karena penyerapan anggaran hingga 21 Juli 2022 mendatang, 30 hari kedepan diyakini sudah proses kontrak.

“Direncanakan awal bulan Juni sudah kontrak. Sedikit lamban karena ada perubahan PPN 10 persen jadi 11 persen, analisa harga satuan Permen PU tahun 2022 tentang harga satuan jadi penyesuaian. Jangan nanti setengah jalan CCO lagi jadi kita perubahan,” kata Nicolas, Selasa (24/5/2022).

Proses mutasi baru-baru ini juga dinilai berpengaruh karena ada perubahan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Menurut Nicolas jika proses tander dilakukan bulan Januari lalu sudah pasti akan dilakukan Contract Change Order (CCOuntuk menalangi kenaikan PPN 11 persen.

Sebagai penanggung jawab proyek, Nicolas berharap pekerjaan nantinya bisa terlaksana baik sesuai kwalitas dan bisa di pertanggung jawaban.

Dari data base Dinas PUTR Kabupaten Dairi tercatat ada 500 ruas jalan Kabupaten Dairi dengan panjang mencapai 1.620 KM. Kondisinya bervariasi ada tanah kerikil, lapen, hotmix, dan jalan perkerasan. 

Hingga sekarang jalan hotmix di Kabuaten Dairi masih sepanjang 88 KM, karena proyek jalan Hotmix  di Kabupaten Dairi baru dimulai awal tahun 2016 lalu.

Target yang di hotmik diutamakan jalan arteri penghubung antara kecamatan dengan ibukota, dan antara kecamatan dengan kecamatan.

Namun karena keterbatasan dana, saat ini PUTR Dairi mengutamakan jalan kecamatan ke ibukota.

Dana Alokasi Khusus Fisik adalah dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Tahun 2021 lalu DAK untuk Kabupaten dari sebesar 40 Miliar dan tahun 2022 ini naik menjadi 72 Miliar.

“Kalau setiap tahun ada dana segitu baguslah Kabupaten Dairi, tahun lalu hanya 40 miliar lebih,” sebut Nicolas.

Sementara itu Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Dairi, Fran Sion Bakara belum bisa di konfirmasi karena tidak berada diruangannya. Pesan WA yang di layangkan wartawan juga belum dibalas.

Sepuluh Paket proyek di dinas PUTR Dairi itu sudah terbit di Layanan Pengadaan Secara Eletronik (LPSE) Kabupaten Dairi.

Sementara itu para kontraktor berharap agar panitia lelang atau pengadaan barang dan jasa menjalankan tugas sesuai aturan, sehingga proses tender tidak hanya sebagai formalitas.

Dikhawatirkan ada persekongkolan sehingga proses tender hanya sebagai formalitas. (nd1)