Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 21 Mei 2022, 14:19 WIB
Last Updated 2022-05-21T13:24:41Z
Dairi

Siap - Siap, Dairi dan Pakpak Bharat Akan Gelar Pilkada Lagi



Ketua KPU Dairi, Freddy Sinaga. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang - nduma.id

Tak terasa tinggal menunggu 2 tahun Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat di Sumatera Utara akan kembali menggelar Pemilihan Kepala  Daerah lagi.

Ketua KPU Dairi, Freddy Sinaga kepada nduma.id mengatakan, sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum pemilu serentak pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten - Kota dijadwalkan Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

"Ingat itu bersamaan dengan tanggal hari Valentine, 2 kali Valentine lagi lah, hehehee......" kata Freddy, sambil melepas senyum. Saptu (21/5/2022).

Sedangkan pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota dijadwalkan Rabu 27 November 2024 mendatang.

"Jadi yang baru ikut pemilu seperti, Pakpak Bharat, Samosir dan Kota Medan itu ikut Juga," kata Freddy.

Dikabupaten Dairi, pihaknya sedang bersiap-siap menyambut event pesta demokrasi itu, karena sesuai ketentuan Pasal 167 ayat (6) Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu) menyebut bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Karena itu sesuai undang-undang, 14 Juni 2022 mendatang tahapan sudah di mulai.

Meski demikian KPU Dairi masih tetap menunggu arahan dari KPU Pusat.

"Persiapan KPU saat ini masih menunggu regulasi tahapan yang akan di sah kan dan masih tetap melakukan kegiatan rutin seperti pemutakhiran data pemilih berkelanjutan," tungkas Freddy.

Mensukseskan event demokrasi ini, KPU Dairi melakukan koordinasi dengan Polres Dairi, Kodim, DPRD dan stakeholder lainnya.

Selasa 24 Mei 2022 mendatang KPU bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi melaunching Pelatihan Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Kelurahan Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang. (nd1).