DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Jumat, 17 Juni 2022, 09:14 WIB
Last Updated 2022-06-25T02:55:01Z
Dairi

Kader KPU Dairi di Desa Pegagan Julu III Dibekali Materi Pemilu

Ketua KPU Dairi, Freddy Sinaga. (Foto/Rudi)

DAIRI, Sumbul - nduma.id

Sebanyak 25 kader Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi di Desa Pegagan Julu Tiga Kecamatan Sumbul mendapat pembekalan materi selam 2 hari.

Seluruhnya merupakan warga Desa Pegagan Julu Tiga Kecamatan Sumbul, mulai dari yang usia muda atau pemilih pemula sampai yang sudah lansia.

Ketua KPU Dairi, Freddy Sinaga mengatakan, desa pegagan Julu Tiga terpilih di program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Daerah Pemilihan Tiga karena pada tahun 2019 lalu terjadinya pemilu ulang di 1 Tempat Pemungutan Suara di desa ini.

"Dan kita pilih lokus untuk desa ini supaya kejadian serupa tidak terjadi lagi," kata Freddy, Jumat (17/6/2022)

Foto bersama usai pembekalan kader di Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan. (Foto/Rudi)


Para kader ini nantinya akan bertugas menjadi relawan dan menerapkan ilmu yang di dapat kepada masyarakat sekitar, sehingga pemilu 2024 mendatang berjalan lancar dan partisipasi meningkat.


Mereka mendapat pembekalan materi seperti tentang demokrasi pemilu dan partisipasi, tahapan-tahapan tentang pemilu, daftar pemilih, pencegahan politik uang, mengantisipasi berita hoax, teknik berkomunikasi publik dan materi modus operandi dan solusi kampanye sara.


Sebelumnya pembekalan serupa sudah digelar di 2 desa lainnya, masing masing di daerah pemilihan satu, pembekalan kader di gelar di Kelurahan Bintang Hulu.


Di daerah pemilihan dua di desa Soban di Kecamatan Siempat Nempu.


Di masing-masing desa dan kelurahan di kader sebanyak 25 orang.


Harapannya akan terbentuk kader-kader dari Desa Desa Pegagan Julu Tiga yang nantinya bisa menjadi corong KPU untuk menyampaikan kepada masyarakat sekitar apa itu demokrasi, manfaatnya dan bagaimana meningkatkan partisipasi pemilu. (nd1)