Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Rabu, 20 Juli 2022, 23:44 WIB
Last Updated 2022-07-20T17:15:54Z
Daerah

Delegasi W20 Tabur 30 Ribu Bibit Ikan di Pelabuhan Ambarita, Samosir

Delegasi W20 melepas bibit ikan di Danau Toba. (Foto/Junjungan)

SAMOSIR, Simanindo - nduma.id

Hari ke 2 rangkaian kegiatan W20 tahun 2022 di Kawasan Danau Toba Sumatera Utara di warnai dengan penebaran bibit ikan sebanyak 30 ribu ekor.

Bibit ikan dilepas langsung oleh para delegasi ke Danau Toba tepatnya di Pelabuhan Penyebrangan Kapal Feri di Ambarita Kecamatan Simanindo.

Tiba di Pelabuhan Ambarita menggunakan kapal Feri Kaldera, rrombongan W20 disambut dengan tarian batak menuju lokasi pelepasan benih ikan di tepi dermaga.

Dengan menggunakan ember, satu persatu peserta W20 melepas bibit-bibit ikan langsung ke Danau Toba.

Para peserta terlihat bersemangat karena selain melepas ikan, ikan-ikan berukuran besar juga terlihat jelas berenang di permukaan danau.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir DR. Tumiur Gultom mengatakan, seluruhnya berjumlah 30.600 ekor terdiri dari Ikan Nila Hitam Sebanyak 30 ribu Ekor, Ikan Lele 200 ekor dan Ikan Mas 300 Ekor.

“Kenapa ikan Nila dan ikan Mas, karena memang dua ikan ini ikan pandemi yang hidup di Danau Toba sejak dulu,” katanya, Rabu (20/7/2022).

Bibit ikan Nila hitam diambil dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Samosir dan Pusat Pembenihan Ikan Ambarita Provinsi Sumatera Utara.

Sedangkan Bibit ikan Lele dan Ikan mas diambil dari Balai benih Ikan Kabupaten Samosir.

Usai melepas benih ikan, rombongan melanjutkan rangkaian acara ke Desa Wisata Siallagan di Kecamatan Simanindo dengan menggunakan Bus Pariwisata dan pengawalan petugas keamanan. (Rudi)