Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 01 Agustus 2022, 19:24 WIB
Last Updated 2022-08-01T12:35:52Z
Daerah

KPU Dairi Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024

Sosialisasi PKPU IV tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta pemilu tahun 2024. (Foto/Rudi).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi, Sumatera Utara mensosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) IV tahun 2022 tentang pendaftaran partai politik serta verifikasi partai politik dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2024.

Sosialisasi digelar di Kantor KPU Dairi Jalan Pandu Sidikalang.

"Kita juga sosialisasi sistem aplikasi partai politik," kata Freddy Sinaga, Ketua KPU Dairi, Senin (1/8/2022).

Freddy mengatakan hari ini  tahapan pendaftaran partai politik untuk peserta pemilu tahun 2024 sudah di mulai, 1 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 14 Agustus 2022 mendatang.

Karena itu partai politik semuanya baik yang sudah memenuhi ambang batas 4 persen atau Parliamentary Threshold maupun partai politik yang tidak memenuhi dan partai politik baru semuanya akan mengikuti pendaftaran partai politik.

Perbedaannya, partai politik yang memenuhi ambang batas 4 persen atau Parliamentary Threshold pada pemilu 2019 itu hanya sampai di tahapan verifikasi administrasi.

"Jika memenuhi syarat maka mereka akan ditetapkan menjadi partai politik peserta pemilu 2024," ujar Freddy.

Sedangkan partai politik yang tidak memenuhi ambang batas 4 persen atau Parliamentary Threshold pada pemilu 2019 lalu serta partai politik peserta yang baru akan mengikuti verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

" Nah setelah mereka memenuhi verifikasi administrasi faktual maka mereka akan menjadi peserta pemilu 2024 yang akan datang," tandas Freddy.

Freddy berharap dengan sosialisasi itu partai politik yang ada di Kabupaten Dairi bisa memenuhi semua tahapan-tahapan kemudian bisa bekerja sama untuk mensukseskan tahapan pemilu pada 2024 nanti.

Sosialisasi dihadiri perwakilan partai politik, Bawaslu Dairi dan Forkopimda Dairi. (nd1).