SMSI

SMSI
Selasa, 30 Agustus 2022, 11:48 WIB
Last Updated 2022-09-03T04:50:55Z
Dairi

Paud Cahaya di Desa Silalahi II di Resmikan

Bunda Paud bersama siswa Paud Cahaya. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Silahisabungan – nduma.id

Bunda Paud Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu meresmikan Paud Cahaya di Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi pada Senin (29/8/2022).

Usai diresmikan, Bunda Paud Dairi menyampaikan momen tersebut yang ditunggu karena masyarakat sudah lama mengharapkan berdirinya paud.

Sesuai dengan informasi yang telah disampaikan oleh Kepala Desa Silalahi II, Paud Cahaya memberikan biaya gratis kepada anak paud yang mengikuti pendidikan di paud tersebut.

Yang paling penting dikatakan Romy Mariani adalah data yang valid harus diperlukan terkait dengan jumlah anak yang masuk di paud cahaya.

“23 jumlah anak paud yang ada di Paud Cahaya Silalahi II sesuai yang disampaikan oleh Kepala Desa, anak-anak yang belum masuk paud agar di daftarkan masuk paud. Saat ini pemerintah sedang menyusun peraturan tentang anak 0-5 tahun diwajibkan masuk paud sebelum masuk ke jenjang sekolah dasar,” ujarnya.

Saat ini di paud yang diajarkan bukan hanya membaca dan menghitung, namun diajarkan bagaimana pembentukan karakter seorang anak. Mereka bermain sambil belajar dengan teman seusianya, dari bermain anak-anak akan mengerti bagaimana membaca dan menghitung.

Paud Kabupaten Dairi diucapkan Romy Mariani memiliki program satu desa satu paud dan telah di gelorakan menjadi paud holistik integratif dimana beberapa OPD akan tergabung di dalamnya.

Seperti dinas kependudukan dan pencatatan sipil dalam hal penerbitan akta lahir, dinas kesehatan untuk pemberian posyandu.

“Dengan menempatkan anak ke paud, semoga banyak hal yang mereka dapatkan dan orang tua juga mendapatkan sukacita yang luar biasa. Perjuangan mendirikan paud tidaklah mudah, tidak ada paud yang mencari keuntungan.

“Saya apresiasi Kecamatan Silahisabungan karena telah sukses mengikuti program 1 desa paud dimana 5 desa yang ada Silahisabungan seluruhnya sudah memiliki paud,” ucap Bunda Paud Dairi di akhir sambutannya.

Sebelumnya, Kepala Desa Silalahi II dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa Ia mendirikan paud terinspirasi dari pelantikan paud Kecamatan Silahisabungan.

Ia mengakui merasa terpanggil karena prihatin melihat warganya mengantarkan anaknya ke salah satu paud yang terdapat di Desa Silalahi I.

“Ini masih permulaan, masih banyak kekurangan khususnya di gedung paud ini karena pembangunannya dilakukan secara swadaya. Terimakasih atas kehadiran Ibu Bunda Paud Dairi yang telah meresmikan paud ini. Semoga anak-anak ini bisa kami ciptakan jadi anak yang cerdas, bijaksana dan berbudi luhur. Jumlah siswa di paud ini yakni laki-laki 13 orang, perempuan 10 orang. Di paud cahaya tidak dipungut biaya, seluruhnya gratis,” kata Kepala Desa.

Peresmian Paud tersebut turut dihadiri oleh Camat Silahisabungan Landong Napitu, Bunda Paud Kecamatan Silahisabungan Ny Juwita Landong Napitu, Kepala Desa dan Bunda Paud se-Kecamatan Silahisabungan.

(Kominfo Dairi/nd1).