Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 25 Agustus 2022, 07:21 WIB
Last Updated 2022-08-26T00:23:21Z
Dairi

Pemkab dan Polres Dairi Sidak ke SPBU

Sidak di SPBU. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id

Menanggapi fenomena antrian BBM akhir-akhir ini di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Dairi, Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, bersama Sekda Budianta Pinem melakukan Inspeksi Mendadak di SPBU kota Sidikalang, Rabu (24/08/2022).

Salah satu yang di pantau adalah SPBU 14 222 243 Batang Beruh.

Kepada warga Kapolres Dairi mengingatkan agar masyarakat jangan panik karena dapat menimbulkan kemacetan.

“Tak usah panik, stok BBM untuk Kabupaten Dairi hingga saat ini, aman,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari pengawas SPBU katanya stok dan pengiriman BBM oleh Pertamina masih berjalan.

“Distribusi BBM aman, yang kita lakukan adalah memantau penjualan dan pendistribusian BBM sesuai peruntukannya agar semua terlayani dengan baik,” katanya.

Kapolres, telah berkoordinasi dengan pengawas SPBU agar mencatat pembeli BBM bersubsidi agar tertib dalam pemanfaatannya.

“Kita lakukan melalui pembatasan pembelian agar tidak terjadi kelangkaan. Sekali lagi, kami dari satgas pangan menghimbau tidak panik dengan ketersediaan atau stok BBM. Jikalau ada penyimpangan, laporkan saja kami akan lakukan tindakan,” kata kapolres.

Sementara itu, Sekda Budianta Pinem juga menyampaikan pesan serupa.

“Dengan stok BBM yang tersedia, kami menghimbau, agar warga tenang saja. Tidak ada pengurangan kuota,” jelasnya singkat.

Masih ditempat yang sama, Simamora selaku pengawas SPBU mengatakan kuota pengiriman BBM oleh Pertamina hingga saat ini tidak ada pengurangan. Pengiriman untuk pertalite kata Simamora disesuaikan dengan pesanan dari SPBU itu sendiri.

“Pengiriman masih normal, kalau kita pesan pertalite, Pertamina pasti langsung kirim, berbeda dengan biosolar, pengirimannya 1 kali dalam 2 hari dengan kuota sebanyak 16000 liter. Kita sudah batasi pembelian 40 liter untuk kendaraan roda 4 dan 60 liter untuk kendaraan roda 6 atau lebih,” kata Simamora.

Sebelumnya, tim juga sudah melakukan sidak di SPBU Jalan Pakpak ,tim gabungan perwakilan dari Kejari, TNI, Asisten perekonomian dan pembangunan, Jhony W.Purba, Kasatpol PP Junihardi, perwakilan Disperindagkop dan UMKM.

(Kominfo Dairi/red).