Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 25 Agustus 2022, 07:08 WIB
Last Updated 2022-08-26T00:13:53Z
Dairi

PKK Sumut Monitoring Desa Percontohan di Dairi

Sekda Dairi saat memberikan sambutan. (Foto/Kominfo Dairi)


DAIRI, Sidikalang – nduma.id

Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara yang melakukan monitoring dan pembinaan terhadap desa percontohan pelaksanaan tertib administrasi PKK , PAAR, UP2K, Hatinya PKK dan IVA Test di Balai Budaya Sidikalang, Selasa (23/08/2022).

Bupati Dairi dalam arahannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Budianta Pinem menjelaskan keberadaan PKK dengan 10 program pokok PKK-nya sangat sejalan dengan visi misi Dairi unggul.

“Koordinasi dan komunikasi yang baik dengan OPD terkait menjalin akan dapat memberi manfaat yang baik bagi Dairi, dengan demikian 10 program PKK akan sejalan dengan visi misi Dairi,” katanya.

Kehadiran tim monitoring dari Provsu disambut baik dengan harapan dapat memberi motivasi yang baik bagi PKK Dairi selaras dengan visi misi Dairi.

“Momentum pertemuan hari ini mari kita jadikan sebagai momentum bertukar informasi, menggali ide menjadikan yang terbaik sebagai aktualisasi diri. Kepada tim monitoring saya berharap dapat memberi masukan, kritik membangun agar TP PKK mendapat hasil maksimal, untuk perbaikan kedepan,” katanya.

Ketua PKK Romy Mariani Eddy Berutu dalam paparannya menyampaikan hingga hari ini
PKK telah melakukan kegiatan pembinaan sesuai rencana kerja dengan rentang kendali dan sudah berjalan 70 persen. Dan untuk tahun 2022, telah ditetapkan 5 desa percontohan.

 

“Ada 5 desa percontohan, Desa Bintang Mersada sebagai desa tertib administrasi PKK, Desa Lau Sireme sebagai desa PAAR, Desa Juma Siulok sebagai desa binaan UP2K, Desa Kalang Simbara sebagai desa Hatinya PKK dan Desa Kabanjulu sebagai desa IVA Test, dan masing-masing desa sudah memperoleh pembinaan dari TP PKK Kabupaten dan kecamatan” ujar Romy.

Dijelaskan PKK sebagai mitra pemerintah senantiasa berperan aktif dalam mendukung program pemerintah dengan bekerjasama dengan OPD terkait .

“Dengan berbagai kegiatan pembinaan yang sudah kami lakukan, maka diharapkan desa terutama desa binaan PKK akan dapat lebih maju, sehat dan mandiri dan benar-benar jadi contoh bagi desa yang lain,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Tim Monitoring Provsu Drs. Ruhiyat yang membacakan sambutan Ketua TP PKK Provsu, Nawal Edy Rahmayadi menyampaikan pertemuan monitoring pasca pandemi tentu menjadi hal yang sangat penting dilakukan, agar apa yang menjadi sasaran kita dapat tercapai.

“Kabupaten telah melakukan seluruh kegiatan di desa yang menjadi desa binaan, walau beberapa kekurangan didapat, kami yakin kedepan akan lebih baik, dan biasanya itu terjadi karena kurang koordinasi dengan OPD terkait,” ujarnya mengakhiri.

Usai kata sambutan, dihadapan tim monitoring, perwakilan desa binaan melakukan ekspose agar dapat diketahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan mendapat prioritas khusus. Sebelum acara berakhir, tidak lupa tim PKK Kabupaten Dairi memberikan cinderamata dan oleh-oleh berupa buah dan sayuran.

Hadir dalam kegiatan ini mewakili Bupati Dairi, Sekda Budianta Pinem, Ketua TP PKK kabupaten Dairi,Romy Mariani Eddy Berutu, Mewakili Kepala Dinas Pemdes, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas PUTR, Hotmaida Butar-butar, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hendry Manik, Ketua Tim Monitoring Provsu Drs. Ruhiyat.

 

(Kominfo Dairi/Red).