Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 11 Agustus 2022, 20:32 WIB
Last Updated 2022-08-11T13:32:09Z
Daerah

Sebanyak 6000 Pelajar Labura Ikut Pemetaan Kompetensi Siswa, Martin Manurung

Martin Manurung bersama peserta Tryout. (Foto/Darwis).

Labura - nduma.id

Sebanyak 6.000 Pelajar tingkat SD dan SMP mengikuti program try out, atau uji coba ujian untuk pemetaan kompetensi siswa.

Seluruhnya merupakan pelajar dari kawasan Labuhanbatu Raya, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan.

Giat ini di gelar oleh Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem Martin Manurung pada, Jumat 29 Juli 2022 hingga Selasa 2 Agustus 2022 lalu.

Ini dikatakan salah satu program unggulannya melalui Martin Mengajar (MM). 

Martin menjelaskan try out bertujuan untuk memetakan kompetensi pelajar yang ada di kawasan Labuhanbatu Raya. 

Hasil pemetaan nantinya, Martin sebagai wakil rakyat, dapat mendorong dan memperjuang program-program yang tepat untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan yang ada di daerah ini.

“Jadi tidak hanya sebatas try out seperti ini saja. Kita akan lihat seperti apa kompetensi di Labuhanbatu Raya ini," ujarnya.

Dicontohkannya semisal dari segi akademik, apakah yang menonjol pelajar IPA atau IPS. 

"Maka dari situ kita akan fokuskan program selanjutnya, seperti misalnya pelatihan atau program yang cocok,” terang Martin.

Program pelatihan dan pendampingan di bidang pendidikan ini sudah dilaksanakan Martin Manurung Centre (MMC) sejak lama, bahkan sebelum dirinya menjadi Anggota DPR RI. 

Dengan status dan jabatan yang diamanahkan padanya saat ini, program pendampingan dan pelatihan akan semakin meningkat, hingga ke daerah-daerah lain yang ada di Sumatera Utara.

“Kita ingin kualitas pendidikan kita ini merata. Karena saat ini, para pelajar tidak lagi berkompetisi dengan pelajar yang ada di daerahnya atau di Indonesia. Tapi kompetisi itu justru sudah antar negara. Itu yang harus kita persiapkan dan kita bantu sejak saat ini,” imbuh Martin.

Asrol Azis Lubis, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu berharap program Martin Mengajar ini terus berlanjut di daerahnya.

“Bangga sekali kami mendapat program seperti ini. Semoga sinergitas Martin Manurung Centre dan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu terus berlanjut, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Labuhanbatu,” ujarnya.

Program Martin Mengajar (MM) merupakan salah satu program unggulan Martin Manurung untuk membantu masyarakat di daerahnya. 

Selain try out, program Martin Mengajar juga mengadakan pelatihan untuk pelajar berbagai tingkatan dalam berbagai momen. 

Seperti persiapan Ujian Nasional, ujian masuk sekolah unggul dan perguruan tinggi negeri, upgrade guru-guru, persiapan kompetisi sains nasional hingga memfasilitasi program beasiswa untuk pelajar SD, SMP dan SMA/SMK. (nd1).