Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Rabu, 31 Agustus 2022, 10:22 WIB
Last Updated 2022-08-31T03:29:23Z
Daerah

SMSI Tebing Tinggi di Lantik, Perusahaan Pers Harus Terverifikasi Dewan Pers

Penyerahan pataka kepada ketua SMSI Tebing Tinggi. (Foto/SMSI).

TEBING TINGGI - nduma.id

Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kota Tebing Tinggi resmi di Kukuhkan, Selasa (30/7/2022).

Kepada pemilik perusahaan pers yang dilantik, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumatera Utara, Ir Zulfikar Tanjung mengingatkan agar SMSI di Tebing Tinggi bisa menjadi contoh dan menjadi media yang terpercaya dalam penyebaran informasi.

"Tugas kita bagai mana kita menangkal informasi hoaks sehingga memberikan kepuasan kepada masyarakat," kata Zulfikar.

Salah satunya adalah dengan memverifikasi perusahaan pers ke Dewan Pers.

Kemudian wartawannya memiliki kompetensi dan pimpinan redaksinya harus memiliki kompetensi utama.

"Bagaimana yang di bilang media-media yang benar sehingga profesi kita tidak terganggu dan bisa menjadi media yang terpercaya sebagai penyebar informasi," sebut Zulfikar.

Karena itu Zulfikar meminta Ketua SMSI Kota Tebing Tinggi Ridwan Napitupulu agar segera membantu mempersiapkan kelengkapan administrasi setiap perusahaan media siber yang bergabung dalam SMSI Kota Tebing Tinggi guna dilakukan verifikasi oleh Dewan Pers.

Dia juga mengingatkan para Wartawan sebagai pekerja perusahaan media siber yang tergabung dalam SMSI agar mempersiapkan diri masing - masing untuk mengikuti UKW (Uji Kompetensi Wartawan).

"Wartawan media siber yang tergabung dalam SMSI harus mengikuti UKW, " tegas Zulfikar Tanjung.

Selain itu, pengurus SMSI Kota Tebing Tinggi juga di minta agar segera berkoordinasi dengan Dandim melalui Kodim dan Koramil untuk semakin memperkuat sinergitas antara TNI dengan SMSI.

Karena dikatakan pembina SMSI adalah KASAD TNI Jenderal Dudung. 

Dan SMSI di setiap daerah dianjurkan melakukan komunikasi dengan Dandim maupun Kodim dan Koramil setempat.

Sementara, Pj Wali Kota Tebingtinggi yang diwakili Plt Asisten Umum, M Syah Irwan dan Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Basyaruddin Nasution memberikan apresiasi atas pelantikan pengurus SMSI Kota Tebingtinggi periode 2022 - 2025.

"Baik Pemko Tebing Tinggi dan Legislatif siap menjalin kerjasama sinergitas, kemitraan dengan SMSI Kota Tebing Tinggi yang saat ini dipimpin Ridwan Napitupulu," sebut Ketua DPRD Basyaruddin Nasution.

Ketua SMSI Kota Tebing Tinggi Ridwan Napitupulu mengatakan siap mengibarkan bendera SMSI di Kota Tebingtinggi dan merangkul para pemilik media siber lainnya.

Disebutkannya, SMSI adalah wadah para pengusaha media siber di Kota Tebing Tinggi.

Saat ini ada 5 pemilik media online yang bergabung yakni, mimbarsumut.com, Indometro, Klik.Id, Warta Today dan Gi Media.

"Saya hari ini bangga dilantik jadi Ketua SMSI dan siap mengibarkan SMSI di Kota Tebingtinggi," tegasnya.

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung dan Sekretaris Eris Napitupulu serta pengurus SMSI Sumut lainnya.

Pengurus SMSI Kota Tebing Tinggi periode 2022 - 2025 yang dilantik adalah, Ketua Ridwan Napitupulu (mimbarsumut.com), Sekretaris Kaharuddinsyah (indometro) dan Bendahara Sandy (Klik. id) serta dilengkapi seksi - seksi.

Hadir dalam pelantikan pengurus SMSI Kota Tebingtinggi tersebut, mewakili Kajari Tebingtinggi Kasi Intel Fahmi, mewakili Dandim 0204 / DS, Koramil 13 Tebingtinggi, mewakili Kapolres, Kakan Kemenag David Saragih, Ketua SMSI Medan, Sergai, Batubara, Astab dan Dairi. Juga tampak hadir Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Ngemat Sitepu, Ketua PWI Tebingtinggi Abdulah Sani Hasibuan serta para ketua oragnisasi kepemudaan lainnya. (nd1).