Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 22 Agustus 2022, 20:01 WIB
Last Updated 2022-08-23T01:59:22Z
Daerah

Sondia Silalahi Siap Dampingi Susanti Wujudkan Visi Misi PASTI

Sondia Silalahi. (Foto/Ari).

Pematang Siantar - nduma.id

dr Susanti Dewayani SpA sah menjabat Wali Kota Pematang Siantar definitif. 

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wali Kota Pematang Sianțar dilakukan, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, atas nama Presiden Republik Indonesia, di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (22/8/2022) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh anak kandung Alm. Ir Asner Silalahi MT, Sondi Silalahi. Alm. Ir Asner Silalahi MT saat itu pasangan dr Susanti Dewayani SPa dalam Pilkada Walikota Pematangsiantar 2020 lalu.

Sebelumnya, tepat enam bulan lalu, yakni 22 Februari 2022 di tempat yang sama, juga oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebagai Wakil Wali Kota Pematang Siantar, yang selanjutnya menjadi Plt Wali Kota Pematang Siantar.

Saat itu, Susanti sendirian dilantik sebagai Wakil Wali Kota Pematang Siantar.

Sebab pasangannya Ir Asner Silalahi yang merupakan calon Wali Kota Pematang Siantar saat Pilkada Tahun 2020 lalu, meninggal dunia sebelum pelantikan.

Pelantikan Susanti sebagai Wali Kota Pematang Siantar sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.12-1338 Tanggal 8 Juni 2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Wali Kota Pematang Siantar dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Wali Kota Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara.

Keputusan berlaku sejak tanggal pelantikan hingga akhir masa jabatan Wali Kota Pematang Siantar hasil Pilkada Serentak 2020.

Dengan pelantikan tersebut, maka posisi Wakil Walikota Pematang Siantar saat ini mengalami kekosongan. 

Sejumlah nama pun pernah muncul dan digadang-gadang untuk mengisi kekosongan tersebut. 

Salah satu nama yang sudah lama terdengar, yakni Sondi Silalahi, anak Alm Asner Silalahi.

Ketika ditemui wartawan usai acara penyambutan yang berlangsung di rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus Kelurahan Teladan Kecamatan Siantar Barat, Sondi pun mengaku siap untuk mendampingi dr Susanti Dewayani untuk bekerja sama membangun Kota Pematang Sianțar agar Bangkit dan Maju demi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

“Ya, saya siap mendampingi ibu Wali Kota Pematang Siantar untuk mewujudkan mimpi almarhum bapak dan ibu Susanti. Di mana saat ini hal tersebut menjadi mimpi saya juga sebagai anak Siantar,” sampainya.

Terkait bagaimana proses menuju hal tersebut, Sondi mengaku pihaknya terus menjalin komunikasi yang baik dengan partai-partai pengusung di pusat maupun di daerah.

“Kalau komunikasi dengan partai-partai pengusung tetap kita jalin dengan pengurus di pusat maupun daerah. Mohon doanya kawan-kawan,” kata Sondi.

Terkait latar belakang Sondi yang dinilai masih muda, Ia pun mengaku memang sudah saatnya kaum milenial berperan dan terjun langsung terlibat dalam membangun kota ini.

Dukungan agar Sondi maju sebagai calon wakil walikota tentunya terus mengalir dari sejumlah simpul simpul pendukung Pasangan Asner – Susanti PASTI pada pilkada 2020 lalu. (Ari)