SMSI

SMSI
Selasa, 06 September 2022, 10:26 WIB
Last Updated 2022-09-06T03:26:46Z
Nasional

Budiman Sudjatmiko Resmikan TelkoDesa Sukamanah, Tangerang

Persemian telkodesa. (Foto/SMSI)

Banten - nduma.id

H. Budiman Sudjatmiko, Ketua Dewan Pengawas Satelit Desa Indonesia meresmikan TelkoDesa di Desa Sukamanah Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang, Banten.

Desa Sukamanah merupakan Pelopor Desa Digital di Wilayah itu.

Persemian di gelar di Aula Kantor Desa Sukamanah, Senin (05/09/2022). 

Budiman Sudjatmiko berharap Kepala Desa dapat memanfaatkan anggaran dana desa dengan baik dan masyarakat langsung bisa merasakan.

"Saya berharap di Kecamatan Rajeg bisa membuat BUMDES bersama agar bisa bersatu dan punya koperasi demi kemajuan bersama," ujarnya.

Dia yakin jika di kelola baik Telkodesa bisa bermanfaat buat masyarakat desa Sukamanah dan desa lain yang ada di Kecamatan Rajeg bisa bergabung.

"Saya sangat bangga jika kita bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri, termasuk tuan rumah di desanya sendiri dan berharap disetiap usaha koperasi ini ada rezeki 20 persen untuk beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi," pungkasnya.

Dikatakan masyarakat yang ada di Desa Sukamanah Kecamatan Rajeg bisa menikmati TelkoDesa.

"Ini sekarang jamannya sudah digital dan semakin cepat kemajuan teknologi," imbuh Budiman Sudjatmiko.

Camat Rajeg H. Ahmad Fatoni mengungkapkan rasa bangga karena desanya sebagai desa percontohan dari Koperasi Satelit Desa Indonesia terkait TelkoDesa.

"Semoga dengan adanya Telkodesa di Desa Sukamanah bisa memajukan perekonomian di wilayah," tuturnya.

Senada di ungkapkan Kepala Desa Sukamanah Rohadi Kamaludin.

"Saya berharap masyarakat bisa bergabung memasang TelkoDesa agar memudahkan komunikasi, karena saat ini sudah jamannya digital," tandasnya.

Ketua Panitia Peresmian TelkoDesa Saniman, menyayangkan Wakil Bupati dan Kadis DPMPD Kabupaten Tangerang tidak hadir diacara Peresmian TelkoDesa. 

Padahal acara dinilai sangat penting karena membantu masyarakat.

"Sebenarnya acara ini panitia sudah mengundang Wakil Bupati Tangerang dan Kepala Dinas DPMPD Kabupaten Tangerang namun tidak ada yang hadir," katanya. 

Suntoro Ketua Umum Koperasi Satelit Desa Indonesia menjelaskan Koperasi Satelit Desa Indonesia (KSDI) berdiri pada saat awal pandemi tepatnya 15 Juli 2020. 

KSDI adalah koperasi modern pertama yang pendiriannya dilakukan melalui media daring. 

"Adapun produk digital KSDI adalah Device / Perangkat, berupa Smartphone Desanova, Network /Jaringan, berupa produk layanan internet dengan merk usaha Telkodesa, aplikasi dan sekolah IT desa," jelasnya.

Produk unggulan KSDI adalah Telkodesa, product layanan Internet yg bekerja sama dengan Icon.

"Produk ini menjadi primadona di sektor bisnisnya KSDI. Dengan konsep KSDI mengajak Mitra Desa dan Kelurahan untuk memiliki perusahaan internet di lokasi Desa/Kelurahan secara legal dan menguntungkan," pungkasnya.

Peresmian Telkodesa itu tampak hadir H. Budiman Sudjatmiko, Ketua Dewan Pengawas Satelit Desa Indonesia, Camat Rajeg Ahmad Fatoni, Kepala Desa Sukamanah Rohadi Kamaludin, Kepala Desa Daun Johani AMTG, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Para Ketua RT, RW, Binamas, Babinsa, Kader PKK Desa Sukamanah, serta  Humas Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat Wisnu Utomo dan Edy Riyadi, serta para pengurus Koperasi Satelit Desa Indonesia.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, sambutan-sambutan dan ditutup dengan penandatanganan Prasasti Media Center Koperasi Satelit Desa Indonesia di Desa Sukamanah. (nd1).