Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 06 September 2022, 11:24 WIB
Last Updated 2022-09-06T05:23:09Z
DaerahKemanusiaanPMIUINSU

Gebyar HUT ke-77 PMI, Syahrin Harahap Usul Bank Darah UINSU di PMI

Audienci PMI Sumut di UINSU. (Foto/Zul).

Medan - nduma.id 

Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Prof Dr Syahrin Harahap menerima audiensi Panitia HUT ke-77 PMI Sumut di Gedung Rektor UINSU di Jalan Tuntungan Medan Senin (5/9/2022). 

Dia mengusulkan agar lembaga yang dipimpinnya memiliki Bank Darah UINSU di markas PMI.

Tujuannya mempermudah seluruh pegawai dan mahasiswa serta masyarakat jika memerlukan stok darah.

Karena itu Syahrin meminta Ketua Palang Merah Indonesia Sumut Dr Rahmat Shah agar memperbaharui Memorandum of Understanding antara PMI Sumut dan UINSU untuk pemberdayaan Donor darah.

"Kita ingin punya Bank Darah yang dibentuk dari kerjasama UINSU dan PMI Sumut. Dan diharapkan Bapak Rahmat Shah bisa mengabulkan keinginan ini dengan memperbarui MOU kedua pihak," kata Prof Syahrin.

Syahrin mengapresiasi dan mendukung seluruh rangkaian kegiatan kemanusiaan dan sosial HUT ke-77 yang akan diselenggarakan PMI Sumut.

Dia berharap PMI bisa terus menggelar berbagai kegiatan kemanusiaan dan sosial diluar dari perayaan HUT. 

“Selamat ulang tahun PMI sukses terus dengan seluruh kegiatan kemanusiaan dan sosialnya,” ucap Prof Syahrin

Rangkaian kegiatan kemanusiaan dan sosial HUT ke-77 akan diselenggarakan pada 9 September 2022, kemudian 14 September 2022 hingga 17 September 2022.

Ketua Panitia Pelaksana Said Aldi mengatakan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan.

Sabtu 17 September 2022 mendatang merupakan acara puncak HUT di Markas PMI Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

“Kegiatan yang kita gebyarkan adalah Baksos, penyerahan bingkisan kepada keluarga Pengurus PMI di Sumut yang telah wafat. Kemudian penyerahan penghargaan kepada donatur PMI Sumut, jalan santai, launching Beras Fortifikasi Siamo,” papar Said Aldi.

Selain itu, ada juga pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pemberian bingkisan kepada fakir miskin dan anak yatim serta dialog interaktif tentang Gizi Masyarakat melalui Beras Fortifikasi Siamo yang akan dilaksanakan, Rabu 14 September 2022.

Di puncak acara 17 September 2022 akan dilaksanakan jalan santai keluarga besar PMI dengan masyarakat.

“Kita harap rangkaian kegiatan ini bisa dirasakan masyarakat sebagai bentuk pengabdian PMI kepada bangsa dan negara,” ujarnya. 

Hadir pada audiensi itu Ketua Panitia HUT ke-77 PMI Sumut Datuk Said Aldi Al Idrus di dampingi panitia M Mubaeli, M Rozi, Rahmansyah, Bambang Riadi. (Raden).