Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 25 September 2022, 00:25 WIB
Last Updated 2022-10-03T17:29:04Z
Dairi

Pertanian di Kecamatan Parbuluan Jadi Perhatian Bupati

Bupati Dairi bersama petani di kecamatan Parbuluan. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id

Pemerintah Kabupaten Dairi terus mengebut realisasi program pengembangan pertanian terpadu di Kecamatan Parbuluan.

Ini sebagai upaya peningkatan produksi pertanian di daerah itu.

Karena itu Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu datang langsung meninjau lokasi persiapan lahan di desa Parbuluan V, Sabtu (24/09/2022).

Kehadiran Bupati yang didampingi oleh Kadis Pertanian, Robot Simanullang, Camat Parbuluan, Kepala Desa Parbuluan V, Maraden Sagala serta para petani ini, adalah untuk memastikan progres persiapan lahan seluas 400 Ha yang dipersiapkan untuk kawasan pertanian terpadu atau dinamai era baru pertanian.

“Saya ingin melihat langsung persiapan lahan seluas 22 Ha untuk pencanangan dari 400 Ha lahan yang kita siapkan di Parbuluan V untuk sentra pertanian terpadu.Sekarang masih dalam tahap pengolahan lahan-lahan tidur yang ditinggalkan masyarakat yang kita siapkan untuk ditanami,” ujar Bupati.

Bupati mengatakan lahan itu sangat strategis dan ideal, cocok ditanami hortikultura, dengan berbagai proses dan pemberian treatment terlebih dahulu.

“Ini baru persiapan lahan, nanti dilanjutkan dengan pematangan dengan treatment kesuburan, dan unsur hara tanah baru diendapkan beberapa waktu agar siap tanam, sehingga pada akhirnya kita bisa kita kunjungi bersama,”kata Bupati.

Bupati menjelaskan apabila sudah siap tanam, Pemerintah Kabupaten Dairi akan mengundang kehadiran Gubernur Sumatera Utara dalam launching bulan Oktober dan kalau berkenan akan mengundang Menteri Pertanian untuk bisa berinteraksi dengan para petani membuktikan wujud komitmen Kabupaten Dairi dan masyarakat pada rencana besar pemerintah pusat sebagai pusat hortikultura terpadu.

“Ini masih tahap awal, warga kita sudah siap untuk ratusan hektar pertanian terpadu berikutnya sebagai komitmen dan dukungan pada rencana besar pemerintah pusat melalui Kabupaten Dairi sebagai pusat hortikultura pertanian terpadu. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan rahmatnya sehingga kerja-kerja kolaboratif pemerintah kabupaten, desa, kecamatan, perbankan, offtaker dan penyedia sarana prasarana di bawah koordinasi Dinas Pertanian menghasilkan dampak yang besar untuk mensuplai kebutuhan komoditi didaerah sekitar,” kata bupati.

Kadis Pertanian Robot Simanullang mengatakan, pengembanagan kawasan pertanian terpadu yang disebut klaster food estate untuk Dairi sudah menyiapkan lahan seluas 400 Ha yang terpusat di Kecamatan Parbuluan.

Selanjutnya sebagai tahap awal sudah disiapkan lahan seluas 22 Ha untuk ditanami cabe yang akan dilanjutkan pada lahan lahan lain sebagai bagian dari 440 Ha yang sudah kita rencanakan dengan penanaman komoditi bawang merah, cabe merah kubis dan kentang.

“Kita harapkan program ini, tidak membebani anggaran pemerintah tapi kita menggunakan ekosistem KUR klaster dimana petani bisa mengakses KUR, yang disediakan pemerintah. Pemerintah akan membangun infrastruktur pertanian diantaranya jalan, irigasi, gudang penampungan, sedangkan untuk alsintan bisa dikelola koperasi yang juga bisa diakses melalui KUR,” kata Robot Simanullang.

Untuk seluruh program pertanian seluas 400 Ha tersebut akan dikawal ketat melalui pendampingan dari PPL, mulai dari tahap tanam hingga panen.

Pendampingan dilakukan untuk memperoleh kemudahan permodalan dari bank diikuti penyuluhan saat budidaya, penyediaan infrastruktur dan jaminan pemasaran, sekaligus membawa teknologi pertanian seperti irigasi presisi untuk mendukung peningkatan produktivitas komoditi ini.

“Saya laporkan ke pak bupati dari 8 hari kerja, sudah tercapai 16 Ha, kita harap 3 hari kedepan untuk untuk 22 Ha lahan awal sudah siap, kita diamkan dulu, lalu kita router, selanjutnya kita siapkan untuk tanam sehingga sesuai dengan hasil komunikasi dengan dinas tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Sumatera Utara bulan Oktober mendatang sudah bisa dilaunching,” ujar kadis.

Sebagai informasi, program ini adalah atensi Gubernur, Eddy Rahmayadi, diman hanya ada 3 kabupaten yang disertakan dalam kegiatan termasuk Pakpak Bharat dan Karo.

(Kominfo Dairi/nd1).