Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 13 Oktober 2022, 07:50 WIB
Last Updated 2022-10-13T00:50:21Z
Dairi

Desa Jambur Indonesia di Sinehi Punya BUMDes Internet Service Provider

Foto bersama perangkat Desa Jambur Indonesia. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Siempat Nempu Hilir – nduma.id


Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jambur Indonesia, Kecamatan Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi menjadi penyedia Internet Service Provider (ISP) untuk beberapa desa di kecamatan mereka.


Kepala Desa Jambur Indonesia, Beres Silaban menyampaikan inisiatif membuat BUMDes ISP karena wilayahnya terbilang susah jaringan internet.


Target utamanya pelayanan ISP ke desa tetangga.


“Daerah kita kan masih terbilang jauh dari kota dan susah mendapatkan jaringan internet. Jadi, kita menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, jadi kita menjadi penyedia internet bagi beberapa desa di sini,” ujarnya, Senin (10/10/2022).


Sejauh ini, ada 17 pelanggan yang memakai jasa mereka.


Seperti 5 kantor desa, yaitu kantor Desa Janji, Desa Simungun, Desa Lae Sering, Desa Lae Markelang, dan Desa Lae Luhung, selanjutnya SMP Pardamean, SD Lae Luhung, sisanya adalah rumah warga dari beberapa desa.


Untuk pemakaian instansi pelanggan dikenakan biaya Rp.800.000,-/bulan, dan pemakaian pribadi/rumah Rp. 150.000,-/bulan.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi, Aryanto Tinambunan, menyampaikan Diskominfo sangat mendukung Desa Jambur Indonesia dalam pengembangan infrastruktur digital khususnya pembangunan jaringan internet dan berkolaborasi dengan desa lain di sekitarnya.


Aryanto berharap semua desa yang ada di Kabupaten Dairi dapat mencontoh dan memanfaatkan BUMDes dalam penyediaan jaringan internet


“Hal yang dilakukan oleh desa Jambur Indonesia sudah sangat bagus dan kita pemerintah pasti sangat mendukung adanya ide/inisiatif yang seperti itu, apalagi seperti arahan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu bahwa kita semua ini harus mengikuti arus digitalisasi untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih sehingga kita bisa mengejar ketertinggalan dan cita-cita untuk mewujudkan Dairi Unggul dapat tercapai,” ucapnya. Selasa (11/10/2022).


(Kominfo Dairi/nd1).