Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 11 Oktober 2022, 08:17 WIB
Last Updated 2022-10-11T01:18:53Z
KPUPartaiPemiluPolitikSamosir

Kepengurusan Parpol di Samosir Akan di Verfak KPU

Rapat koordinasi KPU Samosir. (Foto/Tety).

Samosir - nduma.id


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir rapat koordinasi persiapan pelaksanaan verifikasi faktual (Verfak) kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024.


Rapat digelar Senin 10 Oktober 2022 di Aula Hotel Sitiotio, Kelurahan Siogungogung, Kecamatan Pangururan, Samosir.


Rakor membahas teknis dan prosedur verifikasi partai politik peserta Pemilu, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 4 Tahun 2022.


"Verifikasi faktual untuk membuktikan pemenuhan persyaratan, kepengurusan partai politik, keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen pada susunan pengurus partai politik, dan domisili kantor tetap partai politik,” kata Ketua KPU Samosir, Ika Rolina.


Verifikasi ini dimulai 15 Oktober sampai 4 November 2022.


Karena itu, pengurus partai politik diminta memperhatikan substansi secara faktual terkait dengan ketentuan yang ada dalam undang-undang, seperti pengurus, keanggotaan dan lainnya.


Komisioner Bawaslu Robintang Naibaho mengharapkan pengawasan dari seluruh stakeholder terkait tahapan tahapan pemilu 2024 yang sedang berjalan.


"Seperti saat ini, kami dari Bawaslu sedang menjalankan penjaringan Panwas Kecamatan. Untuk itu sama-sama kita melakukan pengawasan, masukan dari bapak ibu kami harapkan agar panwas yang ada nantinya adalah panwas yang terbaik dan punya integritas," ungkap Robintang.


Sementara itu, Bupati Samosir  melalui Kaban Kesbangpol Dumosch Pandiangan menyebut, verifikasi faktual kepengurusan keanggotaan partai politik peserta pemilu tahun 2024 merupakan salah satu tahapan dan menjadi bagian penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 sebagaimana telah diamanatkan dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan tahun 2024.


Dia berharap semua mendukung pelaksanaan verifikasi faktual.


"Saya mendukung pelaksanaan pemilu Tahun 2024 dan mendukung proses verifikasi yang telah dilaksanakan," pungkas Dumosch. 


Rapat dibuka Ketua KPU Samosir, bersama komisioner KPU lainnya.


Dan dihadiri Komisioner Bawaslu Samosir, Bupati Samosir yang diwakili Kaban Kesbangpol, Kajari Samosir yang mewakili, Ketua DPRD Samosir yang mewakili, para pengurus partai politik dan insan pers. (nd1)