Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 10 Oktober 2022, 18:20 WIB
Last Updated 2022-10-10T11:20:24Z
DairiMahasiswaMuslim

Mahasiswa STAI-AD Sidikalang Maperca HMI Cabang Dairi-Pakpak Bharat

Foto bersama usai Maperca. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - Nduma.id


Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Dairi-Pakpak Bharat Masa Perkenalan Calon Anggota (Maperca) kepada Mahasiswa/i Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ikhlas Dairi Sidikalang. 


Maperca dingelar di gedung LPTQ Kabupaten Dairi tepatnya di Desa Bintang Mersada, Minggu (9/10/2022).


Sebanyak 31 Mahasiswa dan mahasiswi ikut acara itu, sebagai calon anggota baru di HMI Cabang Dairi-Pakpak Bharat.


Ketua Panitia Maperca, Bobi Tambunan mengatakan peserta terdiri dari 22 perempuan dan 9 laki-laki. 


Kesemuanya merupakan mahasiswa/i baru di semester pertama yang kuliah di STAI Sidikalang yang sejak awal sudah dilakukan pendekatan untuk dapat mengikuti Maperca.


Ketua Umum HMI Cabang Persiapan Dairi-Pakpak Bharat, Dike Darmansyah Simbolon menyampaikan bahwa kegiatan ini telah jauh-jauh hari direncanakan mengingat aktivitas perkuliahan di kampus telah berjalan di semester pertama.


Bagi mahasiswa baru itu katanya menjadi agenda penting untuk gerbang menuju jenjang perkaderan selanjutnya yakni Latihan Kader 1 (LK1). 


Dalam beberapa waktu kedepan untuk dijadwalkan pelaksanaannya oleh Cabang P Dairi-Pakpak Bharat sebagai salah satu program menuju cabang penuh nantinya.


Maperca yang dilaksanakan  menyampaikan empat materi penting, diantaranya materi tentang Ke-Islaman yang dibawakan oleh kanda Songli Tatajo Lingga.


Kedua materi Ke-Indonesian atau Kebangsaan yang disampaika oleh kanda Dandi F Sitohang.


Ketiga materi tentang Kemahasiswaan disampaikan oleh kanda Saddam B Kudadiri dan materi ke empat tentang Ke-HMI an disampaikan oleh kanda M. Boy Kuson Capah. 


Di akhir acara Panitia menutup dengan beberapa kegiatan outroom berupa games dan refleksi sebagai penguat bagi calon-calon kader untuk bisa bertahan sampai mengikuti perkaderan formal berikutnya yang ada di HMI.


Maperca turut disuport dan dihadiri oleh Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD Kahmi Dairi Pakpak Bharat) beserta alumni-alumni HMI yang menyempatkan diri berhadir di lokasi acara.


Diantaranya ketua umum MD Kahmi Dairi Pakpak Bharat, Robert Sianturi beserta jajaran nya. 


Juga  hadir mantan ketua umum Badko HMI Sumut kanda Robert Situmorang, Komisioner KPU Kabupaten Dairi Arianto Tinendung, Kepala KUA Kecamatan Sitinjo kanda Khairil Anwar, Nilawati Capah ketum Forhati Dairi Pakpak Bharat serta banyak alumni lainnya. (nd1).