Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 15 Oktober 2022, 13:01 WIB
Last Updated 2022-10-15T06:01:25Z
Siantar

Maulid Nabi Muhammad di Kota Siantar Berlangsung Hikmad

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani. (Foto/Ari)

Pematang Siantar - nduma.id


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M Kota Pematang Siantar dilaksanakan di Lapangan H Adam Malik Kota Pematang Siantar, Jumat (14/10/2022) malam.


Acara membawa tema "Nabi Muhammad SAW adalah Motivasi dan Inspirasi dalam Diriku".


Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani mengatakan, memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, selain untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa kepada Allah SWT, juga menjadi wahana berdoa agar selalu diberikan petunjuk dan kekuatan.


Sehingga kegiatan serta aktivitas yang dilakukan senantiasa bisa memberikan manfaat dan maslahat bagi kehidupan masyarakat Kota Pematang Siantar.


"Juga sebagai wujud penghormatan kita kepada Nabi Muhammad SAW atas jasa-jasanya dalam perjuangan dan perkembangan ajaran agama Islam. Semoga keteladanan beliau, bisa menjadi inspirasi dan sumber motivasi, terutama dalam memanifestasikan sikap Islami yang  Rahmatan Lil ‘Alamin," katanya.


Salah satu hadist Rasulullah yang diteladani kata walokota adalah “orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seseorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.”


"Jika kita semua bisa mengamalkan hadist tersebut, maka tentunya akan sangat indah kehidupan ini. Hidup guyub, rukun, dan saling bergotong-royong membantu sesama, sebagaimana motto Kota Pematang Siantar, yakni  “Sapangambei Manoktok Hitei,” yang bermakna saling bergotong-royong untuk mencapai tujuan mulia. Serta dapat Mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju," terang wali kota.


Dalam kesempatan itu, wali kota juga mengajak untuk senantiasa mendukung program-program pembangunan Pemerintah Kota Pemko Pematang Siantar, terutama program yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.


Dukungan tersebut di antaranya  memberikan ide, gagasan, serta pemikiran, dan yang tidak kalah penting, tetap tanggap terhadap perkembangan kehidupan agama dan sosial di masyarakat.


Tidak lupa, orang nomor satu di Kota Pematang Siantar itu juga berharap kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh Pemuda, dan semuanya agar sama-sama memelihara dan menjaga toleransi di Kota Pematang Siantar.


Sebelumnya, Ketua Panitia M Ustadz Fakhruddin Sagala SPd MM, dalam laporannya mengatakan tujuan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 M Kota Pematang Siantar Tahun 2022 adalah untuk menumbuhkan dan menguatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, dan meneladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari- hari, serta mempererat dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah kaum Muslimin di Kota Pematang Siantar.


Ceramah disampaikan Al-Ustadz Irwanto Al Rasyid SHI MH.


Dalam ceramahnya, Al Ustadz Irwanto Al Rasyid mengajak seluruh masyarakat dan umat Muslim agar bisa mengetahui sejarah-sejarah nabi, sekaligus mencontoh nabi dalam melakukan apapun.


"Yang terpenting perkenalkan sejak dini sejarah nabi dan kebiasaan nabi terhadap anak-anak, baik cara berpakaian, saat makan, minum dan lain sebagainya. Serta contohkan sifat pemalu nabi, sehingga bisa mencegah hal-hal yang negatif," katanya.


Peringatan Maulid Nabi Muhammad kali ini dimeriahkan dengan lucky draw dengan hadiah emas serta berbagai hadiah menarik, seperti dispenser, magic com, kompor gas, dan lainnya.


Turut hadir di acara tersebut, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH, mewakili Ketua DPRD Kota Pematang Siantar.Nurlela Sikumbang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar Budi Utari Siregar AP,  Unsur Forkopimda Kota Pematang Siantar, pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar, camat, lurah, para pegawai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta para alim ulama. (Ari)