Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 07 Oktober 2022, 21:11 WIB
Last Updated 2022-10-08T14:14:33Z
Pakpak BharatPesta Budaya

Pesta Budaya Oang-oang Resmi Dibuka, Permainan Tradisional Pakpak Meriahkan Acara

Pemukulan gendang pertanda Pesta Budaya Oang-oang Resmi Dibuka. (Foto/kominfo Pakpak Bharat)

PAKPAK BHARAT,  Salak – nduma.id

 

Berbagai lomba seperti nyanyi dan permainan tradisional suku Pakpak memeriahkan acara pembukaan Pesta Budaya Oang-oang tahun 2022 di Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara, Jumat ( 07/10/22).


Ragam perlombaan ini sengaja di gelar jelang puncak acara pada 10 Oktober 2022 mendatang.


Acara pembukaan terlihat meriah di Lapangan Napasengkut Kasean Empu Bada, Salak.


Wakil Ketua panitia, Manihar Tumanggor mengatakan, perlombaan di ikuti masing-masing perwakilan masyarakat dari 8 kecamatan.


“Lomba menyanyi cilik lagu Pakpak, Lomba mercukkil di ikuti Pria, Lomba Merjalekkat yang diikuti pria, Lomba mersitekka yang diikuti wanita, Lomba Merodong-odong dan lomba tradisional lainnya,” kata Manihar.


Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor melalui Sekda Jalan Berutu mengatakan ragam perlombaan tradisional sebagai bentuk kepedulian bersama  terhadap budaya sekaligus sebagai salah satu upaya menjaga dan melestarikan budaya suku Pakpak dimana kabupaten Pakpak Bharat adalah sebagai benteng terakhir suku Pakpak.


"Hal ini kita lakukan sebagai upaya untuk tetap mempromosikan  permainan-permainan tradisional kita yang saat ini mengalami degradasi karena kecanggihan teknologi yang ada, Permainan-permainan tradisional ini  harus tetap kita sosialisasikan kepada generasi generasi muda suku Pakpak dan ke daerah lain bahkan ke tingkat nasional maupun internasional sehingga nilai nilai budaya tetap terjaga  dan terlestarikan di tengah-tengah masyarakat" ujarnya.


Hadir dalam pembukaan dan perlombaan ini, Unsur Forkopimda Kabupaten Pakpak Bharat, Sekda Pakpak Bharat, Unsur Pimpinan Dan anggota DPRD Kab Pakpak Bharat, Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Pimpinan OPD, Para Camat se-Kabupaten Pakpak Bharat, Para Kepala Desa,  Panitia kerja Budaya Oang oang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda serta seluruh peserta perlombaan dn masyarakat.


(Kominfo Pakpak Bharat/nd1).