Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 10 Oktober 2022, 08:33 WIB
Last Updated 2022-10-10T01:38:13Z
PPTSBSiantarSinaga

PPTSB Sumut II di Lantik, Walikota Siantar : Implementasi Kebhinekaan Kekayaan Budaya

Walikota Siantar menghadiri pelantikan PPTSB Wilayah II Sumut. (Foto/Ari).

Pematang Siantar - nduma.id

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani menghadiri pelantikan Pengurus Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boru (PPTSB) Wilayah Sumatera Utara II Periode 2022-2026, Minggu (9/10/2022).


Dalam sambutannya Wali Kota menerangkan, keragaman etnis dan budaya Seperti perkumpulan marga-marga merupakan kekayaan bangsa, karena itu harus dijaga dan dirawat. 


Ini dikatakan  menjadi kekuatan dan merupakan wadah implementasi yang menambah kebhinekaan kekayaan budaya. 


Toga Sinaga sebagai salah satu marga etnis batak katanya, selama ini hidup rukun damai bersama marga-marga batak lainnya dan suku lain di Kota Siantar.


“Kami mengharapkan agar pengurus PPTSB Wilayah Sumut II senantiasa merangkul, menampung, menyalurkan, aspirasi. Melestarikan nilai sosial budaya, memelihara ketenteraman dan ketertiban, serta membina hubungan kemitraan strategis dengan pemerintah guna mewujudkan Masyarakat yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," katanya.


Ketua PPTSB Wilayah Sumut II  terlantik, Radiapoh Hasiholan Sinaga siap bekerja sama  membesarkan organisasi.


"Saya tidak bisa bekerja sendiri dan mohon kerjasamanya untuk mempererat perkumpulan ini," katanya.


Bupati Simalungun ini mengajak saling bertukar informasi agar ke depannya muncul ide-ide yang dirumuskan untuk kemajuan marga Sinaga.


"Mari kita marharoan bolon, bergotong royong, membesarkan organisasi,” ajaknya.


Dia berharap PPTSB bisa sebagai mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan, serta menjadi saluran berkat bagi banyak orang tanpa memandang suku, ras, budaya, dan agama di wilayah Sumut II.


PPTSB wilayah Sumut II dikatakan sebagai organisasi modern tidak saja mengurus adat dan sosial, tetapi sudah bergelut di bidang ekonomi, budaya, dan lainnya.


Pelantikan diwarnai penyerahkan piagam penghargaan dan tali asih kepada 400 sisw siswi berprestasi tingkat SD dan SMP.


"Selamat ya. Tetap berprestasi, tingkatkan terus prestasinya. Jadilah anak yang dibanggakan di keluarga, daerah, negara bahkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa," ujar Radiapoh.


Ketua Umum PPSTB Mangihut Sinaga menyampaikan harapannya agar pengurus PPTSB yang baru dilantik bekerjasama memajukan organisasi PPTSB di Wilayah Sumut II.


Pelantikan diawali penyambutan Ketua Umum PPTSB bersama rombongan, penyematan seperangkat pakaian adat Simalungun kepada Ketua Umum PPTSB oleh tokoh adat Simalungun, dilanjutkan pelaksanaan ibadah dipimpin Pdt Richard Pardede. 


Turut hadir antara lain, Ketua Panitia Drs Esron Sinaga yang juga Sekda Kabupaten Simalungun, Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar HK Erizal Ginting SH, dan Ketua PPTSB Wilayah Sumut I Saeron Sinaga. (Ari)