Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 09 Oktober 2022, 17:43 WIB
Last Updated 2022-10-09T11:01:17Z
Kesehatan

Mana Tau Cocok Guys, Ini Bahan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Kulit




Ndum.id
 
Kalau mengalami penyakit kulit di bawah ini, coba tidak ke dokter dulu.

Pakai bahan-bahan alami ini.

Seperti dilansir laman Cleveland Clinic, penyakit kulit meliputi:

a. Jerawat: folikel kulit tersumbat yang menyebabkan minyak, bakteri, dan penumpukan kulit mati di pori-pori anda.
b. Dermatitis atopik (eksim): kulit kering dan gatal yang menyebabkan pembengkakan, pecah-pecah atau bersisik.
c. Kurap: infeksi jamur kulit yang menyebabkan ruam bersisik berbentuk lingkaran berwarna kemerahan dengan tepi sedikit timbul.
d. Psoriasis: kulit bersisik yang mungkin membengkak atau terasa panas.
e. Melepuh karena luka bakar

Mengutip laman kompas, berikut beberapa bahan makanan dan rempah di rumah yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit:

1. Minyak Pohon Teh untuk Jerawat

Melansir The Health Site, jerawat yang merupakan penyakit kulit umum sejak masa pubertas dapat diatasi dengan minyak pohon teh. 

Menurut American Pharmaceutical Association Practical Guide to Natural Medicines, herbal ini bisa menjadi obat alami untuk mengatasi jerawat karena secara signifikan mengurangi lesi yang ditimbulkan setelah 3 bulan digunakan.

Efek samping yang ditimbulkan juga rendah, seperti iritasi, kekeringan, sensasi terbakar, dan gatal. Manfaat itu didapat karena terpen dari minyak pohon teh memiliki sifat anti inflamasi. 

Obat alami ini harus digunakan secara topikal (dioleskan di luar) dan tidak untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan keracunan.

2. Bawang Putih untuk Kurap

Bawang putih telah dikenal memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Selain itu, bawang putih juga mengandung ajoene, bahan kimia yang menunjukkan aktivitas antijamur. Sehingga, bawang putih dapat menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit kulit yang terkait infeksi, seperti kurap, infeksi jamur kuku, dan kaki atlet.

Obat alami ini bisa digunakan sebagai campuran bahan makanan atau salep. Anda dapat mengoleskan bawang putih yang dihaluskan pada area infeksi kulit sebanyak 2 kali sehari dan membersihkannya dengan air setelah 30 menit.

3. Fenugreek untuk Dermatitis

Bahan alami seperti fenugreek mengandung lendir, yang akan bertindak sebagai emolien ketika dioleskan ke kulit. 

Emolien merupakan salah satu bahan yang memiliki sifat menenangkan dan melembutkan pada kulit. 

Sehingga, fenugreek cocok menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit kulit dermatitis karena mengurangi kulit kering dan meradang. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur pasta fenugreek dan sedikit air, lalu dioleskan ke kulit dermatitis.


4. Lidah Buaya untuk Luka Bakar dan Luka

Lidah buaya telah digunakan sejak berabad-abad lalu untuk mengobati luka dan luka bakar. Tanaman ini dapat mengurangi rasa gatal, terbakar, dan juga membantu dalam mengobati luka kaki kronis serta radang dingin.

Hal itu karena lidah buaya mengandung asam salisilat yang bertindak sebagai agen analgesik dan anti inflamasi dengan menghambat sintesis prostaglandin. 

Namun, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi, bila dioleskan. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya.

5. Daun Kubis untuk Psoriasis

Sayuran kubis juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit kulit, seperti psoriasis. Hal itu karena kubis mengandung sulfur dalam jumlah tinggi yang bisa mengurangi iritasi dan peradangan kulit pada pasien psoriasis.

Cara yang disarankan untuk mengatasi penyakit kulit psoriasis dengan obat alami kubis ialah haluskan dan lumatkan kubis menjadi pasta. Kemudian, oleskan ke kulit yang terkena penyakit kulit untuk mengatasi gatal dan iritasi. 

Saat digunakan untuk mengompres kulit yang meradang, pasta kubis meredakan gejala psoriasis. (**)