Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 19 November 2022, 17:26 WIB
Last Updated 2022-11-19T10:30:55Z
BanjirBasarnasMedan

Basarnas Evakuasi Warga Terjebak Banjir di Kota Medan

Tim SAR evakuasi warga malam hari. (Foto/Sar)

Medan – nduma.id


Tim Rescuer Basarnas Medan bersama Potensi SAR lainnya mengevakuasi warga terjebak banjir di kota Medan, sejak Jumat 18 November 2022 kemarin.


Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan, personil Rescuer Basarnas Medan diturunkan ke beberapa titik lokasi banjir yang melanda Kota Medan.


Tim pertama katanya diturunkan ke lokasi Komplek Perumahan Bumi Asri di Kelurahan Sei Sikambing C Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan.


“Warga disana terjebak banjir dengan ketinggian air sebatas dada orang dewasa." kata Budiono, Sabtu (19/11/2022).


Hingga pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB, sebanyak 82 orang warga komplek perumahan itu dievakuasi tim SAR gabungan ke posko.


Banjir juga katanya melanda sekitar Jalan Brigjen Katamso Gang Merdeka Bawah Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun Kota Medan.


Di lokasi ini ketinggian air mencapai 70 - 200 cm.


"Ada 44 orang warga di evakuasi di sana,” ujar Budiono.


Selain itu, pagi tadi sekitar pukul 07.30 WIB, Basarnas Medan kembali memberangkatkan personil guna mengevakuasi warga terjebak banjir di Dusun 12 Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.


Sebanyak 40 warga yang terdiri dari lansia hingga balita dievakuasi dalam keadaan selamat ke tempat yang lebih tinggi dan aman.


Meski demikian masih ada juga sebagian warga yang memilih tetap bertahan di rumahnya masing-masing dan tidak mau dievakuasi.


Di lokasi lain, pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB, satu tim berikutnya diturunkan guna mengevakuasi warga di Jalan Kolonel Yos Sudarso Gang Famili Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli Kota Medan.


Ketinggian air mencapai tinggi dada orang dewasa mengakibatkan warga banyak yang terjebak dirumah.


Sebanyak 28 orang warga berhasil dievakuasi ke tempat yang lebih aman.


Sebelumnya sejak Jumat 18 November 2022, kota medan di guyur hujan terus menerus.


Hingga saat ini Tim Rescuer Basarnas Medan masih bekerja melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak Banjir di beberapa titik.


Penulis : Raden


Editor : Rudi