Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 19 November 2022, 17:46 WIB
Last Updated 2022-11-19T10:54:22Z
JurnalistikMahasiswa KatolikSiantar

PMKRI Siantar Pelatihan Jurnalistik

Foto bersama usai pelatihan. (Foto/Ari)

Pematang Siantar - nduma.id


Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Pematang Siantar Santo Fransiskus dari Assisi melaksanakan Pelatihan Jurnalistik.


Pelatihan dilaksanakan di Margasiswa PMKRI Cabang Pematangsiantar Santo Fransiskus dari Assisi, Jumat, 18 November 2022.


Sebagai pemateri, panitia mengundang Domuara D. Ambarita News Vice Directur Tribun Network atau Editor in Chief  Warta Kota.


Domuara membawakan materi "Cara Menulis Konten 'Seksi' untuk Konvergensi & Multiplatform Media",


Pemateri kedua, Hermanto Sipayung, selaku Pimpinan Umum Redaksi SimadaNews.com, dengan materi "Teknik-teknik Penulisan Berita".


Kemudian Imran Nasution, S.Kom selaku Redaktur Siantar News 24 Jam, yang membawakan materi "Dasar-dasar Jurnalistik".


Debbi Damanik, selaku Presidium Pendidikan dan Kaderisasi (PPK) PMKRI Cabang Pematang Siantar Santo Fransiskus dari Assisi Periode 2021-2022 menyampaikan, pelatihan jurnalistik juga merupakan salah satu pendidikan informal di PMKRI Pematang Siantar.


“Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalistik ini, harapannya semua kader dapat mengembangkan minatnya dalam menulis," ucapnya.


Apalagi di era citizen jurnalis saat ini, menurutnya pemahaman tentang jurnalistik amatlah penting bagi para mahasiswa.


Edis Galingging, selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Pematang Siantar Santo Fransiskus dari Assisi Periode 2021-2022 menambahkan, pelatihan itu tidak terlepas mengingat pentingnya pemahaman menulis di era saat ini.


“Setiap lembaga, baik pemerintah atau instansi lain sangat memerlukan orang yang mahir dalam hal menulis untuk mempublikasikan segala kegiatan," katanya.


Edis berharap dalam pelatihan itu kader PMKRI Cabang Pematang Siantar mampu menulis, baik menulis artikel, opini, dan tentunya menambah ilmu literasi bagi pribadi anggota PMKRI.


“Harapan kita agar pelatihan ini tidak hanya sebagai formalitas saja, tapi output dari pelatihan ini harus berdampak positif bagi anggota PMKRI,"


Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada para pemateri yang telah meluangkan waktunya untuk membagikan ilmunya bagi kader-kader PMKRI Cabang Pematang Siantar.


Penulis : Ari

Editor : Rudi