Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 19 November 2022, 18:30 WIB
Last Updated 2022-11-19T11:32:05Z
JurnalistikNasionalSerikat Medis Siber Indonesia

Pengurus SMSI Jambi Masa Bakti 2022-2027 Dilantik

Pelantikan pengurus SMSI Jambi. (Foto/Istimewa)

Jambi – nduma.id


Wakil Ketua Umum SMSI Pusat Yono Hartono melantik Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi Masa Bakti 2022 -2027.


Prosesi digelar di Hotel Aston Jambi disaksikan Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Ketua Dewan Pembina SMSI Sutan Adil Hendra, dan undangan lainnya, Sabtu (19 /11/2022).


"Sebagai lembaga yang resmi sudah selayaknya pelantikan pengurus SMSI Jambi Masa Bakti 2022-2027 dilakukan," kata Risza S Bassar Ketua Panitia Pelantikan.


Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga acara berjalan sukses.


Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putranusa dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini mengambil tema 'menuju media siber yang bijak, kritis, santun, dan mantap'.


Tema tersebut katanya bernilai makna.


Dia menjelaskan, bijak artinya perusahaan- perusahaan pers yang berada di bawah 'kapal besar' SMSI Jambi ini memiliki langkah yang jelas, terukur, serta arif dan bijaksana dalam mewarnai persaingan di era digitalisasi saat ini.


Kritis katanya diartikan sebagai sebuah sikap konstruktif yang memang menjadi khittah sebuah media pemberitaan publik.


Kemudian santun, tentulah memiliki ranah tersendiri.


"Media tidak boleh kebablasan dalam memberikan kritikan-kritikan kepada pemangku kebijakan, tanpa dibarengi dengan solusi konkrit. semua memiliki norma dan akidah tersendiri. seperti kata-kita orang melayu, melukai tapi tak berdarah, mencubit tapi tak membekas," ungkapnya.


Terakhir mantap, sebagai bentuk sinergi antara SMSI Provinsi Jambi dengan Pemerintah Provinsi Jambi yang saat ini sedang gencar-gencarnya merealisasikan program Jambi Mantap.


"Kami berharap, berkeinginan dan meyakini dengan optimis, perusahaan-perusahaan pers yang berada di bawah SMSI Provinsi Jambi bisa merealisasikan tema pelantikan kita hari ini, tentu dengan dukungan semua pihak terkait," katanya.


Sebagai organisasi perusahaan pers yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers, SMSI Provinsi Jambi menaungi lebih kurang 64 perusahaan pers online, dan SMSI terus berusaha untuk berbuat lebih baik ke depannya.


"Berbuat maksimal agar anggota-anggota SMSI menjadi sebuah perusahaan pers profesional, mendorong secara kontinyu agar seluruh perusahaan terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers," harapnya.


Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani berharap dengan pelantikan SMSI, Jambi akan semakin mantap dan berkah ke depan.


Abdullah mengutarakan keinginan membentuk serikat media yang mencerminkan adanya kesatuan dan persatuan sesama media di Jambi.


Dengan adanya pengurusan ini SMSI Jambi dapat terorganisir dengan baik.


" Semoga ada program SMSI Jambi, dan inovasi maupun terobosan yang baru," harap Abdullah Sani.


Sementara Yono Hartono selaku Wakil Ketua Umum SMSI Pusat meminta maaf karena ketua SMSI Pusat tidak bisa menghadiri pelantikan SMSI Provinsi Jambi, karena sakit.


Dia mengatakan, SMSI merupakan organisasi  anggota Dewan Pers, dimana SMSI memiliki anggota terbanyak di dunia.


Ketua Dewan Penasehat SMSI Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra berharap kehadiran SMSI Provinsi Jambi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.


SMSI harus memerangi berita hoax, agar dapat dipercaya semua pihak.


"Kami yakin ini, menjadi awal yang baik menuju media yang santun dan mantap di Jambi. Sekali lagi selamat yang baru dilantik," tandasnya.


Penulis : Raden

Editor : Rudi