Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu
Selasa, 22 November 2022, 08:22 WIB
Last Updated 2022-11-22T04:10:04Z
MedanPendidikanPengabdian Masyarakat

Dosen UMA Pengabdian Masyarakat di Yayasan Pendidikan Bina Agung dan Hajjah Kasih Indonesia

Desy Astrid, SE,M.Ak dan Hasbiana Dalimunthe, SE, M.Ak, (Foto/Istimewa)

Medan – nduma.id


Dalam rangka memperingati hari guru 25 November 2022 sejumlah dosen dari Universitas Medan Area melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan yayasan pendidikan Bina Agung Jalan Lembaga Pemasyarakatan Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.


Kegiatan di jadwal pada 23 November sampai 25 November 2022 mendatang.


Desy Astrid, SE,M.Ak, salah satu ketua tim mengatakan, nantinya Dia akan memberikan pemahaman kepada siswa sekolah menengah pertama (SMP) berkaitan dengan peningkatan daya ingat siswa terhadap pembelajaran ekonomi di SMP Swasta Bina Agung.


“Siswa perlu di motivasi agar tertarik dengan pelajaran ekonomi mengingat terdapat kecenderungan pada siswa terutama pada siswa laki-laki kurang tertarik untuk memberikan minatnya pada pelajaran ekonomi,” kata Desy Astrid, Senin (21/11/20220


Astrid menilai, metode peningkatan daya ingat yang nantinya akan di paparkan kepada para siswa dinilai bisa memberikan solusi berkaitan dengan fenomena ini.


Dalam  kegiatan itu, Astrid, akan membawa 15 orang tim dosen, berasal dari multi disiplin ilmu seperti ilmu ekonomi, komunikasi, psikologi, dan administrasi publik.


Diantara tim tersebut ada Muhammad Habibie, S.Sos,M.Si, Hasbiana Dalimunthe, SE, M.Ak, Indawati Lestari, SE, MM. Mhd. Ansor Lubis SH,MH, Devi Ayu Putri SE, M.Si, Ak, CA, Shabrina Tri Asti Nasution, M.Si, Yunita S.Pd, M.Psi, Kons. Khairunnisa Lubis, S.Sos. M.Ipol, Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc, Ilma Saakinah Tamsil, M.Comm, Ria Wuri Andray, S.Sos, M.I.Kom, Ayudia Popy Sesilia, S.Psi, M.Psi.


“Tim lainnya yang dipimpin Khairunnisa Lubis, S.Sos. M.Ipol, memberikan pengetahuan terkait etika bermedia sosial,” ujar Astrid.


Pemahaman ini menurut Khairunnisa Lubis penting untuk diberikan kepada generasi muda khususnya di kalangan siswa SMP.


Khairunnisa menyadari generasi muda penerus bangsa harus di rawat melalui penanaman etika terlebih lagi pada era 4.0 diperlukan penguatan etika bermedia sosial.


Semenatra itu menurut Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc perilaku sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari banyak dipengaruhi oleh apa yang mereka baca dan lihat di media sosial.


Dengan demikian pemahaman dini tentang etika bermedia sosial diharapkan dapat menuntun siswa ke “dunia” berperilaku semestinya.


Tim dari Ilma Saakinah Tamsil, M.Comm, Ria Wuri Andray, S.Sos, M.I.Kom, dan Ayudia Popy Sesilia, S.Psi, M.Psi nantinya akan memberikan pemahaman mengenai public speaking untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMP swasta Yayasan Pendidikan Bina Agung.


Sedangkan tim dari Hasbiana Dalimunthe, SE, M.Ak, Indawati Lestari, SE, MM. Mhd. Ansor Lubis SH,MH, akan memberikan pengetahuan bagi kalangan siswa terhadap pendekatan humanisme untuk mencegah bahaya narkoba dan pergaulan bebas.


Dr. Rudi Salam Sinaga, S.Sos,.M.Si mewakili ketua yayasan pendidikan Bina Agung yang di pimpin Abdi Tarigan, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen yang terlibat dalam peningkatan pengetahuan siswa SMP.


“Kegiatan ini secara langsung telah membantu yayasan dan guru dalam membentuk perilaku positif dan pengetahuan luas di tingkat siswa SMP di tengah suasana kemajuan dunia berikut segala hal positif  dan negatif  yang mengikutinya,” sebut Rudi.


Kegiatan yang sama kata Rudi akan dilakukan di Sekolah SMA dan SMK Yayasan Pendidikan Hajjah Kasih Indonesia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang.


Penulis : Raden

Editor : Rudi