Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 01 November 2022, 22:24 WIB
Last Updated 2022-11-02T02:05:01Z
BatakMenanam PohonReboisasiSamosir

PBB Tanam 10 Ribu Pohon di Samosir

 

Wakil Gubernur menanam pohon. (Foto/Marco)

SAMOSIR - nduma.id

Pemuda Batak Bersatu (PBB) menanam 10 ribu bibit pohon di lokasi objek wisata Togaraja, Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Selasa (01/11/2022).

Ketua Umum PBB, Lambok Sihombing mengatakan, kegiatan merupakan langkah awal dan kesepakatan bersama untuk memulai dan menggalakkan marsipature huta nabe  atau membangun kampung halaman.

"Jadi kami minta seluruh tokoh - tokoh orang batak dan khususnya yang bisa kami koordinir adalah Pemuda Batak Bersatu untuk beramai ramai kembali ke kampung halamannya untuk membangun," kata Lambok.

Menurutnya, dengan kembali dan membangun kampung halaman adalah wujud nyata dari membangun negeri.

"Inilah yang selalu akan coba kita kampanyekan khususnya di anggota kami yang bisa kami koordinir," ungkap Lambok.

Dia menyebutkan, Pemuda Batak Bersatu hingga saat ini telah dibentuk sampai ke Pulau Nias. 

"Ada 4 kabupaten di sana akan dibentuk," katanya.

Lambok berharap, pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan PBB di Sumut dapat berkolaborasi dalam membangun negeri sebagai kecintaan kepada NKRI.

Di akhir tahun ini, tambah dia, PBB juga akan melaksanakan ulang tahun yang ke-3, pada 27, 28 dan 29 Desember di Samosir dengan tajuk Gebyar Danau Toba 2022.

"Jadi, semua anggota Pemuda Batak Bersatu dari 28 provinsi yang sudah terbentuk dan 6 perwakilan luar negeri akan hadir di Samosir ini," ungkapnya.

Kegiatan itu kata Lambok akan dibuat sebagai kegiatan Nasional karena ada pameran-pameran potensi daerah yang akan diundang dari provinsi lain yang nantinya dibawakan oleh perwakilan perwakilan Pemuda Batak Bersatu baik dari Papua sampai ke Aceh.

"Jadi, kita hadirkan potensi daerah di Samosir, di Sumatera Utara ini," kata Lambok.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup Irjen. Pol. Drs. Jhonny Siahaan mengapresiasi kegiatan penanaman bibit pohon yang dilaksanakan PBB dan meminta agar dapat dipertahankan.

Bantuan bibit pohon yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup kepada PBB, kata Jhonny dapat berguna untuk kesejahteraan masyarakat.

"Ini kita harapkan juga kepada masyarakat, agar dapat nantinya dirawat. Jadi, jangan nanti kita bisa menanam tapi merawat kita tidak bisa," ujar Jhonny.

Bibit pohon yang ditanam itu apabila dirawat kata perwira polisi lulusan Akpol 1988 ini, nanti hasilnya dapat mensejahterakan rakyat.

"Karena ini bibit pohon buah-buahan, katakanlah nanti jika sudah menghasilkan bisa dijual. Jadi inilah nantinya yang bisa dikoordinasikan oleh masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PB Kabupaten Samosir Roland Sitanggang mengatakan, penanaman pohon akbar ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan PBB untuk melestarikan alam.

"Karena alam itu merupakan warisan leluhur dan akan kita wariskan juga ke anak cucu kita kita, sehingga harus dijaga," kata dia.

Penanaman bibit pohon dihadiri, Ketua Umum DPP PBB Lambok F Sihombing, Ketua PBB Samosir Roland Sitanggang, SH dan anggota PBB Samosir.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup Irjen. Pol. Drs. Jhonny Siahaan, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, Kapolres Samosir, Dandim 0210 serta perwakilan anggota PBB dari berbagai daerah. (nd1).