Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 01 Desember 2022, 11:18 WIB
Last Updated 2022-12-11T04:18:45Z
DairiKesehatanPosyandu

Kabupaten Dairi Penguatan Pokjanal Posyandu

Peserta Pokjanal Posyandu. (Foto.Kominfo Dairi) 

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Kabupaten Dairi melaksanakan Kegiatan Penguatan Pokjanal (Kelompok Kerja Nasional) Posyandu, Rabu, (30/11/2022) bertempat di Aula The Ones Hotel Sidikalang.


Ketua TP. PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani menyampaikan peran PKK dalam upaya kesehatan di masyarakat cukup besar, dimana dari 10 program Pokok PKK terdapat fungsi peningkatan kesehatan yang dimulai dari perencanaan dan program kesehatan.


Romy Mariani berpesan agar OPD, Camat, dan Desa berkolaborasi dengan kader kader PKK, memanfaatkan fungsi dan peran aktif PKK guna mewujudkan upaya penguatan kesehatan di masyarakat.


“Oleh karena itu, kita semua berkomitmen dan dalam pelaksanaannya diperlukan langkah-langkah pendekatan yaitu upaya mendampingi memfasilitasi masyarakat untuk menjalani proses pembelajaran yang berupa proses pemecahan masalah-masalah kesehatan yang dihadapinya.” Katanya.


Kepala Dinas Kesehatan dr.Henry Manik mengatakan pengintregrasian layanan sosial dasar di POSYANDU adalah suatu upaya mensinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial.


“Pemberdayaan masyarakat adalah segala upaya fasilitasi guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat, agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi, dan melakukan pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat.”ujar Henry.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bahagia Ginting, Bendahara PPPKMI Pengda Sumut Rita Kartika, SKM., M.Kes, Perwakilan OPD, Seluruh Camat Se- Kabupaten Dairi, Kepala Puskesmas Se- Kabupaten Dairi, Ketua TP. PKK Kecamatan serta Organisasi Profesi Kesehatan yang ada di Dairi.


Penulis : Raden

Editor : Rudi