Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu
Kamis, 01 Desember 2022, 17:34 WIB
Last Updated 2022-12-01T10:41:49Z
DairiKapolriKompolnas

Tim Kompolnas Award 2022 Dapati Citra Positif di Polres Dairi dan Polsek Sidikalang

Komisioner Kompolnas Mohammad Dawan. (Foto/Rudi)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Award tahun 2022 melakukan pendalaman penilaian ke Polres Dairi dan Polsek Sidikalang, Kamis (1/12/2022).


Komisioner Kompolnas Mohammad Dawan  mengatakan kedatangan mereka diminta untuk melihat secara komprehensif masalah-masalah yang ada di Polres Dairi dan Polsek Sidikalang, untuk di laporkan menjadi penilaian tim juri.


Dalam pendalaman itu, tim mendapati citra positif di Polres Dairi dan Polsek Sidikalang.


“Penilaian awal yang kami temukan disini adalah satu penilaian awal yang citranya adalah positif sehingga dalam konteks kedepan ini dalam penilaian kompolnas ini mudah-mudahan memberikan citra yang lebih positif lagi kepada jajaran Polri, mulai dari Polda, Polres dan Polsek di seluruh tanah air,” kata Dawan.


Atas kunjungan itu, Mohammad Dawan menyampaikan apresiasi kepada Polres Dairi dan Polsek Sidikalang.


“Nanti insya Allah pada hari Senin kami akan melakukan rapat secara khusus dari berbagai macam temuan-temuan yang kami temukan di Polres Dairi dan juga dari Polsek Sidikalang,” sebutnya.


Ada sejumlah penilaian dalam Kompolnas Award 2022 itu, seperti penilaian kinerja, ada beberapa variasi termasuk salah satunya adalah vaksinasi yang dilakukan oleh Polda, Polres dan Polsek, pelaksanaan pengembangan ekonomi nasional yang dilakukan atas kerjasama dengan Polres.


Aspek sinergitas antara jajaran terkait mulai dari tokoh agama tokoh masyarakat, tokoh adat dan juga dari forkopimda di seluruh wilayah yang terkait, bagaimana unsur - unsur mereka melengkapi dan membangun kerjasama terhadap masalah kinerja kepolisian.


Transparansi anggaran dan program-program yang dilaksanakan oleh Polres, Polda dan Polsek jajaran.


“Kehadiran kami disini jangan sampai melihat data itu di atas meja tetapi tidak mengerti secara langsung praktek lapangan, sehingga kami melakukan suatu diskusi secara langsung kelapangan, kalau pun ada  hal-hal yang perlu kami sampaikan secara internal kami sampaikan kepada Polres, Polda dan Polsek Jajaran untuk dipenuhi secara internal,” ujar Dawan.


Dikatakan ada 4 unsur tim penilai Kompolnas dalam Kompolnas Award itu.


Pertama dari unsur juri, juri adalah dari kompolnas Benny Josua Mamoto dan Yusuf Warsim.


Kedua dari unsur Komisioner Kompolnas.


Ketiga dari unsur Sekretariat Kompolnas, dan ke empat dari konsultan independen yang ditunjuk secara khusus untuk mendampingi tim juri.


Mohammad Dawan berpesan secara khusus, setelah pengawas eksternal atau pengawasan fungsional Kompolnas memberikan penghargaan, jangan ada lagi isu-isu yang negatif kepada Kepolisian Republik Indonesia yang viral di kemudian hari.


“Saya pesan kepada bapak Kapolres agar semua isu-isu yang negatif terhadap citra polri harus dicari jalan keluarnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat agar seluruh masyarakat ini mendapatkan dampak yang positif terhadap kinerja Polri dan pelayanan publik yang disampaikan polisi, khususnya jajaran kepolisian Polres Dairi di wilayah ini,” tungkasnya.


Tim Kompolnas Award 2022 yang datang terdiri dari 5 orang,  H. Mohammad Dawan, Brigjen Polisi Josua Tampubolon, James Leonardo Djoni, Flamanda Jeine Tampomuri, dan Desy Krismayanti.


Mereka di dampingi dengan personil dari Polda Sumatera Utara.


Tiba di Mapolres Dairi, rombongan disambut dengan Forkopimda, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ormas, Penggiat Media Sosial termasuk Media Massa dengan penyematan ulos.


Polres Dairi dan Polsek Sidikalang adalah salah satu yang masuk 10 besar nominasi Kompolnas Award 2022.


Usai pendalaman penilaian, Polres Dairi dan Polsek Sidikalang nantinya akan diundang secara khusus ke Jakarta dan dihadiri Menko Polhukam dan juga Kapolri untuk diberikan penghargaan.


Penulis : Rudi

Editor : Yon