Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 02 Desember 2022, 12:55 WIB
Last Updated 2022-12-02T08:24:44Z
DairiDana DesaProgram Kerja

Sekdes di Kabupaten Dairi Rakor Sinkronkan Program Kerja

Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Dairi tahun 2022. (Foto/Rudi)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Dairi tahun 2022 digelar Dinas Pemerintahan dan Desa (Dispemdes) Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Jumat (2/12/2022).


Rakor di ikuti sedikitnya 260 orang terdiri dari para sekretaris desa dari 161 desa di Kabupaten Dairi, Kasi PMD kecamatan dari 15 kecamatan, tenaga ahli pendamping pemberdayaan masyarakat, pendamping desa dan pendamping lokal desa.


Tujuannya untuk meningkatkan koordinasi dan pengendalian kinerja pendamping dalam rangka mengawal dan penerapan UU Desa. 


Mengevaluasi pelaksanaan P3MD di setiap desa dan juga memberikan pemahaman kepada pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa demi terciptanya sinergitas dalam penggunaan Dana Desa sehingga lebih efektif sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang undang.


“Supaya bisa bersinergi dalam hal penyusunan rencana pembangunan desa, mereka sinkron dengan pemerintah desa kecamatan sama kabupaten,” kata Bahagia Ginting, Kadis Pemdes Kabupaten Dairi melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Ratna Sari Pasaribu.


Rakor itu dikatakan kegiatan rutin setiap tahun yang di lakukan dalam membangun sinergitas pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa atau pemerintah Kabupaten Dairi dan tenaga pendamping profesional yang berkaitan dengan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.


“Khususnya dalam penyusunan APBDesa supaya sesuai regulasi dari aturan aturan pusat. Jadi sejalan dia,” Sebut Ratna.


Rakor itu menghadirkan narasumber dari Dinas Pemerintahan dan Desa Kabupaten Dairi, Bappeda, Inspektorat dan Tenaga Ahli Kabupaten. 


Di gelar di Hotel Mutiara Dairi Jalan Parluasan Sidikalang.  


Penulis : Rudi

Editor : Yon