DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Sabtu, 21 Januari 2023, 14:08 WIB
Last Updated 2023-01-23T07:11:19Z
DairiPresidenRakornas

Bupati Dairi Tindak Lanjuti Arahan Presiden Jokowi Saat Rakornas

Rapat Pemkab Dairi menindaklanjuti arahan presiden Jokowi. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu Gerak Cepat menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi bagi kepala daerah dan Forkopimda dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di SICC Bogor pada Selasa 17 Januari 2023 lalu.


Dalam pertemuan itu kepala daerah diminta kerja keras untuk menangani inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan upaya bersama menurunkan stunting.


"Hari Kamis 19 Januari 2023, saya bersama teman - teman OPD Pemkab Dairi menggelar Rakor di Medan menindak lanjuti arahan bapak Presiden Jokowi. Rakor ini bertujuan untuk menyampaikan poin penting arahan Presiden saat Rakornas di Sentul, Bogor beberapa waktu lalu," kata Eddy.


"Saya ingin arahan presiden ini bisa dipahami oleh birokrasi Pemkab Dairi di semua tingkatan. Sehingga kita bisa bergerak bersama dan seirama," jelas Eddy kemudian.


Diterangkan, dalam rakor tersebut dibahas soal pengendalian Inflasi, penurunan stunting, dan pertumbuhan ekonomi.


Untuk pengendalian inflasi Bupati Dairi meminta dinas - dinas harus melakukan pemantauan harga memastikan ketersediaan bahan pokok. Kemudian dinas diminta memperkuat pengawasan melalui sidak pasar dan sinergi dengan Satgas pangan.


"Sehingga potensi inflasi bisa ditekan sedini mungkin. Kita lebih baik mengantisipasinya,"  sebut Eddy.


Soal pengendalian inflasi, kata Bupati Pemkab Dairi sudah melakukan berbagai upaya selama ini.


Pertama sudah dilakukan Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu KPT di Desa Parbuluan V Kecamatan Parbuluan. Beberapa waktu lalu, Gubernur Sumut dan Kapolda turun melakukan tanam perdana cabai di Parbuluan.


Kemudian, Pemkab Dairi sudah menjajaki Kerjasama Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Walikota Medan. KAD ini diharapkan mampu menekan laju inflasi.


Disampaikan Bupati, selain melakukan KAD, dan Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu, Pemkab Dairi menekan inflasi juga melalui dukungan APBD.


Penulis : Rudi

Editor : Novel