Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 24 Januari 2023, 19:57 WIB
Last Updated 2023-01-24T12:57:56Z
Danau TobaF1H2OTOBA

Inalum Bantu Fasilitas Homestay di Event F1 H2O

Penyerahan simbolis bantuan PT. Inalum. (Foto/James Sirait).

TOBA-nduma.id


Event internasional Power Boat Racing F1H2O di Danau Toba tepatnya di Balige, Kabupaten Toba akan di gelar 24-26 Februari 2023 mendatang.


Mendukung event itu, PT. Inalum memberikan bantuan berupa fasilitas homestay di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Selasa 24 Januari 2023.


Bupati Toba, Poltak Sitorus

mengajak masyarakat terutama para pelaku wisata termasuk pengelola homestay bekerja keras mempersiapkan segala sesuatu menyambut wisatawan yang akan datang ke daerah itu.


Atas nama pemerintah Kabupaten Toba, bupati mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf RI dan PT Inalum melalui program CSR-nya yang memberikan bantuan sejumlah barang fasilitas homestay kepada para warga kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat.


Desa Meat  merupakan salah satu desa wisata  yang memiliki panorama indah di tepi Danau Toba. 


Bupati Poltak pun berharap  BUMN termasuk Inalum  terus aktif  melakukan pembinaan kepada UMKM dan pelaku  ekonomi kreatif lokal hingga menjadi mandiri.


"Warga akan mendapatkan tambahan pendapatan peningkatan perekonomian dari event F1H2O. Wisatawan datang ,maka lakulah homestay  dan UMKM. Ini kesempatan mencari pendapatan  membuat wisatawan nyaman, memperlakukan tamu layaknya Tulang/Nantulang (kerabat dalam suku Batak) yang dihormati," kata Bupati Toba Poltak Sitorus.


Ia juga berpesan kepada kepala desa setempat agar melaksanakan tonggo raja (rapat desa) agar masyarakat Podarwis , agar menjamu tamu dengan santun.


Tidak mengambil keuntungan sesaat tetapi dengan memberi harga yang standar dengan adanya daftar harga.


Bahkan ia juga mengajak agara warga memberi pelayanan yang baik serta memberikan kenangan, sehingga wisatawan akan datang kembali.


Vice President CSR PT. Inalum, Zainuddin Iqbal Sidabutar mengatakan perihal rencana pemberian bantuan ini sudah lama dirancang bersama pihak Kemenparekraf RI melalui Pak Agus dan Andi Marpaung.


Bantuan kepada pengelola homestay ini diharapkan dapat mendukung penyambutan wisatawan pada kegiatan F1H2O dan kegiatan lainnya. 


Pihak Kemenparekraf RI, Agus didampingi Andi Marpaung mengatakan pengembangan pariwisata melalui homestay ini merupakan komitmen Pemkab Toba dalam meningkatkan pariwisata .


Kepada penerima bantuan, ia berharap agar merawat fasilitas yang diberikan. 


"Dengan kegiatan  F1H2O, semoga membawa dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat kawasan Danau Toba," kata perwakilan Kemenparekaf Agus.


Mewakili warga Pokdarwis yang menerima bantuan, Kepala Desa Meat, Janri M. Simanjuntak  mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diterima warga pelaku wisata home stay di Desa Meat.


Bantuan yang diterima oleh 6 Homestay diantaranya tempat tidur, bantal, selimut, lemari, dan barang lainnya.


Turut hadir menyaksikan serah terima bantuan ini, Asisten Perekonomian Jonni D.P.Lubis, Sekdis Kebudayaan dan Pariwisata Ganyang Situmorang, Kabag Perekonomian Jefry Nainggolan, Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Tulus Hutabarat,Kabid PIKP Dinas Kominfo  Rikardo Simamora,dan lainnya. 


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi