Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 20 Januari 2023, 14:59 WIB
Last Updated 2023-01-20T08:07:08Z
Danau TobaF1H2OTOBA

Ini Persiapan Event F1H2O, Gubsu Ingatkan Lagi Warga Ramah Sambut Wisatawan

Rapat persiapan event F1H2O di Toba. (Foto/James)

TOBA - nduma.id


Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengingatkan akan pentingnya keramah - tamahan warga dalam menyambut wisatawan event F1H2O.


Ini di tegaskan Edy dalam Rapat persiapan F1 Powerboat Championship (F1H2O) 2023 di Kabupaten Toba Sumatera Utara.


Rapat di pimpin Edy secara daring bersama pemerintah Kabupaten Toba, Kamis 19 Januari 2023.


Di rapat itu, Edy menginstruksikan kesiapan semua pihak menjelang perhelatan F1 Powerboat Championship 2023 itu.


Dimulai pengawalan puluhan truk kontainer peralatan tim hingga kesiapan lokasi dan ramah - tamah warga setempat menyambut wisatawan.


"Seusai ini akan dilakukan rapat lanjutan hal teknis Gubernur,Kapolda dan Pangdam ," kata Edy.


Rapat itu di ikuti Bupati Toba, Poltak Sitorus secara daring dari Mess Pemprov Sumut di Balige, Kabupaten Toba.


Sedangkan Gubsu, Edy didampingi Kapoldasu, Irjen. Pol. R.Z. Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB,Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dari Medan.


Hal lainnya dibahas adalah persiapan  lokasi, PLN dan Rumah Sakit.


Kemudian persiapan armada Helikopter, persiapan personil Polri dan TNI. 


Gubsu juga mengingatkan akan adanya rencana pengamanan, rencana operasional, rencana administrasi dan penyediaan sarana komunikasi radio Handy Talkie.


Kapolda Sumut memaparkan kesiapan pengamanan dengan nama sandi Ops Hopal Toba 2023  yang digelar 11 hari, mulai  19 Februari 2023  sampai 1 Maret 2023. 


Ia juga mengatakan Polri telah hadir sejak tanggal 16 Januari 2023 membantu secara bergotong royong bersama TNI dan Pemkab Toba meningkatkan kebersihan kota Balige, dan mengecat tembok depan Balerong Balige.


" Pada tanggal 8 atau 9 Februari, asesmen Baharkam Mabes Polri dan in journey akan dilakukan sesudah venue siap. Akan ada masukan untuk disetujui pelaksanaan F1H2O," kata kapoldasu.


Hal lainnya dipaparkan adanya command center di Mess Pemprovsu di Balige, adanya 25 titik cctv di venue dan sekitarnya, rekayasa lalu lintas agar dilakukan diuji coba, persiapan parkir, tempat penonton parkir dan lainnya.


Pihak TNI melalui Pangdam Daniel mengatakan kesiapan Kodam I/BB dengan penyiapan pasukan 7.500 personel siap operasi, termasuk apabila Presiden RI akan hadir nantinya.


"Intinya kita siap dengan pengamanan sesuai perencanaan kegiatan," kata Pangdam Daniel.


Selanjutnya Asisten Deputi pengembangan wisata berkelanjutan Kemenko Marves, Kosmas Harefa yang sedang berada di Balige juga menerangkan akan rencana lokasi ditargetkan akan selesai pada 10 Februari 2023. 


Panitia, katanya mempersiapkan 2100 tempat utama penonton dan akan melihat lokasi lain yang nyaman bagi penonton lainnya di sekitar teluk Balige sekaligus menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat setempat.


Lalu ada juga side event  dari Pemrovsu  di Lumban Bulbul dan Soposurung.


Pada kesempatan ini Bupati Toba, Poltak Sitorus kembali memohon dukungan bantuan Gubernur akan  tong sampah, mobil pembersih jalan, dan bus pengangkut penonton dari tempat parkir ke lokasi F1H20.


Turut hadir mendampingi bupati, Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Staf Ahli Darwin Sianipar, pimpinan OPD terkait,dan sejumlah perwira dari Mapolda Sumut.


Event F1H2O digelar di Teluk Balige, Danau Toba pada 24 sampai 26 Februari 2023


Reporter : James Sirait

Editor : Rudi