DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Kamis, 19 Januari 2023, 15:09 WIB
Last Updated 2023-01-19T08:09:00Z
Dinas PendidikanDPRD MedanMedan

RDP Dengan Komisi II DPRD Medan, ini Agenda Dinas Pendidikan Medan

Foto bersama usai RDP dengan Komisi II DPRD Medan. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Pemerintah kota Medan  menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1.217.156.855.330 untuk program prioritas bidang pendidikan dan kebudayaan tahun 2023.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Laksamana Putra Siregar pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPRD mengatakan, untuk bidang pendidikan ada 7 item program yang akan dilaksanakan.


RDP dipimpin Wakil Ketua Komisi Suriyanto dari Fraksi Gerindra, Selasa 17 Januari 2023.


"Sedangkan bidang kebudayaan 3 item dengan  menggelar 12 kegiatan keagamaan," ujar Laksamana.


Program-program Dinas Pendidikan selama tahun 2023 ini katanya untuk mengembangkan kualitas pendidikan dalam hal IPTEK guna pemanfaatan kelas digital dan e-learning. 


Meningkatkan kompetensi dan pengembangan minat dan bakat para peserta didik, perlombaan antar pelajar provinsi, olimpiade sains, sister city cup II, dalam meningkatkan predikat terdepan tingkat provinsi dan nasional.


“Kemudian menghapus jumlah siswa putus sekolah melalui bantuan BSM, pakaian seragam dan perlengkapan sekolah negeri dan swasta. Dengan target pada daerah padat penduduk dengan jumlah 24.000 orang untuk sekolah dasar dan SMP,” terang Laksamana.


Dinas ini juga akan melakukan pemberian bantuan beasiswa pendidikan kepada masyarakat Kota Medan yang berprestasi pada bidang akademik dan non akademik sebanyak 100 orang. 


Sedang di bidang kebudayaan mempunyai tugas dan pokok membantu kepala dinas dalam melaksanakan tugas tersebut dengan prioritas kepada pengelolaan dan pembinaan cagar budaya dan permuseuman, pengelolaan dan pelestarian sejarah dan tradisi serta pengelolaan, pembinaan dan pelestarian kesenian.


Putra juga membacakan jadwal even bidang kebudayaan tahun anggaran 2023 yakni kegiatan Imlek pada  minggu ke 1 bulan Februari selama 2 hari. 


Even Taipusam Hindu minggu ke 1 bulan Februari selama 1 hari, Isra’Miraj minggu ke 3 Februari selama 1 hari, Pemazmuran bagi umat Katolik minggu ke-2 Maret selama 2 hari, Ramadhan Fair minggu ke 4 bulan Maret selama 20 hari kerja berlokasi di Medan Labuhan dan Medan Kota.


Kegiatan hari besar keagamaan di bulan April adalah Paskah Oikoumene selama 1 hari, bulan Juni perayaan Waisak, Oktober Maulid Nabai Muhammad SAW dan Depavali, bulan September pesta kue bulan, bulan Desember Christmas Season selama 3 hari dan Natal Oikumene selama 1 hari. 


Reporter : Rudi

Editor : Novel