Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 12 Februari 2023, 22:04 WIB
Last Updated 2023-02-12T15:04:22Z
Food EstatePakpak BharatPertanian

Bupati Pakpak Bharat dan Parna Raya Bahas Food Estate di Jakarta

Suasana pertemuan Bupati Pakpak Bharat, dengan Manajemen PT. Parna Raya. (Foto/Istimewa)

PAKPAK BHARAT – nduma.id


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor melakukan pertemuan penting dengan Manajemen PT. Parna Raya, di Jakarta  Jumat 10 Februari 2023 lalu.


PT. Parna Raya adalah bakal investor pengembangan program Food Estate di Kabupaten Pakpak Bharat.


Beberapa pokok bahasan dalam pertemuan diantaranya timeline atau schedule pelaksanaan penanaman perdana, disepakati akan dilaksanakan pada Maret 2023 mendatang.


Pertemuan ini juga membahas peran masing-masing pihak, PT. Parna Raya dan juga Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Pakpak Bharat guna membantu percepatan pelaksanaan kegiatan dimaksut.


Charles Simbolon, Direktur Utama PT. Parna Raya menjelaskan bahwa adanya pemunduran jadwal tanam dikarenakan PT. Parna Raya memerlukan beberapa pematangan rencana investasi yang akan mereka lakukan di Kabupaten Pakpak Bharat.


“Kita menginginkan pencapaian kualitas dalam penanaman awal ini, jadi kami harapkan supaya kita semua bisa bersabar,” jelas Charles.


Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menjelaskan pihaknya akan terus melakukan pematangan dalam persiapan penanaman perdana nantinya.


“Sementara ini kita akan terus mematangkan segala persiapan yang ada, pematangan lahan, pembangunan infrastruktur, serta melakukan beberapa sosialisasi bagi masyarakat Calon Petani Calon Lahan di kawasan food estate,” jelas bupati.


Bupati berharap program Food Estate segera berjalan, dengan hasil yang memuaskan.


Turut hadir dalam pertemuan ini diantaranya Nahot Napitupulu (Direktur Operasional dan Pemasaran PT. Parna Raya), Syafrudin Napitupulu (Advisor for Owner), Elmaizi Arafah (ahli agronomi), Imran (ahli ekonomi), Prabowo Sasonoputro (Manager Operasional), dan Edwin Gurning (Staff Operasional).


Sementara itu Bupati Pakpak Bharat didampingi oleh Harryson Rumapea, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Maringan Bancin, ST, MT, Kepala Dinas PUTR Hub Pakpak Bharat,  Adei Johan M Banurea, SP, MP, plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat.


Penulis : Obah Solin

Editor : Rudi