Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 04 Februari 2023, 23:00 WIB
Last Updated 2023-02-04T16:00:26Z
Danau TobaGeositeKaldera TobaSMSITaput

"Dijajal" Geosite Kaldera Toba Huta Ginjang, Ketum SMSI Sebut Catatan Penting

Tanda tangan, ketum SMSI, Firdaus. (Foto/Istimewa)

TAPUT, Muara - nduma.id


Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, Firdaus tiba di Tapanuli Utara Sumatera Utara.


Hari pertama ekspedisi, Firdaus di jajal dengan panorama Geosite Kaldera Toba di Huta Ginjang Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara. 


"View panorama Danau Toba sangat indah. Udara sejuk dan keindahan Danau Toba sangat berpotensi untuk lebih dikembangkan," ujar Firdaus, Sabtu (4/2/2023).


Firdaus menyebut sejumlah catatan yang perlu mendapat perhatian pemerintah dalam mengembangkan wisata Danau Toba.


"Wisata Danau Toba ini perlu mendapat perhatian khusus oleh pemerintah pusat, dengan memperhatikan potensi daerah seputaran Danau TobaToba," ungkap Firdaus. 


Saat ini katanya pemerintah pusat melalui putra-putri daerahnya sedang gencar membawa investor mengembangkan wisata Danau Toba. 


"Peluang ini harus diambil oleh masyarakat Taput, untuk dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan investor," jelas Firdaus.


Sebut Firdaus lagi, masyarakat sekitar Danau Toba juga harus berbenah diri dan meningkatkan lagi potensi-potensi sumber daya manusianya. 


Hal ini juga harus mendapat dukungan dari pemerintah dengan melakukan pembinaan dan pelatihan yang berkelanjutan.


Menurut Firdaus, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi pemerintah dan masyarakat dalam memajukan wisata Danau Toba. 


"Salah satunya sarana dan fasilitas penginapan seperti hotel terbilang sangat minim. Hal ini yang harus diperhatikan dan menjadi keseriusan pemerintah dan masyarakat jika ingin memajukan wisata Danau Toba," ujar Firdaus. 


Firdaus berharap, melalui Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang diinisiasi SMSI Sumut dapat mengangkat potensi-potensi keindahan Danau Toba ke publik. 


"Melalui Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, SMSI berkontribusi membangun image yang positif bagi Danau Toba, untuk dapat diketahui oleh masyarakat luas baik di lokal hingga mancanegara," ucap Firdaus.


Ekspedisi Geopark Kaldera Toba berlangsung 4 - hingga 6 Februari 2023, di inisiasi SMSI Sumut dalam memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023.


Penulis : Raden

Editor : Rudi