Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 18 Februari 2023, 18:09 WIB
Last Updated 2023-03-02T11:11:36Z
DairiKarang Taruna

Karang Taruna Dairi Dorong Hilirisasi Produk Pertanian

Walikota Medan foto bersama Dimitria di PLUT KUMKM Dairi. (Foto/Josua)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Mengingat Kabupaten Dairi kaya akan sumber daya alam, Karang Taruna Dairi akan mendorong adanya hilirisasi produk pertanian.


Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Dairi Dimitria Tabitha mengatakan pengembangan hilirisasi produk pertanian penting mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.


“Lewat hilirisasi tersebut para petani dan pelaku agribisnis juga akan mendapatkan nilai tambah dan jaminan pasar yang luas. Pada akhirnya tentu saja berdampak positif pada kenaikan ekonomi masyarakat,” ujar Dimitria, Sabtu (18/2/2023).


Menurut Ketua Yayasan Aur Dairi Menenggoi itu hasil besar akan diperoleh oleh petani melalui program hilirisasi pertanian.  Dengan diolah terlebih dahulu, petani dikatakan berpotensi mendapatkan penghasilan hingga 12 kali lipat.


“Hilirisasi pertanian ini kan mengolah hasil pertanian yang kita miliki menjadi produk turunan lain. Produk olahannya ini kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi. Potensi pendapatan yang diraih hingga 12 kali lipat dibanding sebelum diolah," tutur Dimitria.


Dengan konsep hilirisasi disebutnya akan mampu mengembangkan bisnis sehingga potensi pendapatan lebih maksimal.


“ Tentunya Didukung oleh teknologi dan ilmu pengetahuan, kalau itu dijalankan dengan baik hasilnya secara ekonomi akan berlipat,” jelas Dimitria.


Dikatakan saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi dan Karang Taruna Kabupaten Dairi bekerja sama dengan pengembang we help you sedang membangun satu APP Market yang disebut Dairi Mart.


“Aplikasi Market Dairi Mart ini akan kita kembangkan dan sosialisasikan kepada masyarakat, dimana hasil pertanian dan produksi hilirisasi, produk UMKM Dairi masuk dalam aplikasi market place sehingga produsen dan konsumen bisa berinteraksi langsung,” ujar Dimitria.


Lebih lanjut Dimitria Tabitha  meminta para petani bertransformasi agar pendapatannya semakin tinggi.


Terkait permodalan bisa memanfaatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan bunga sangat rendah.


Di sisi lain dibutuhkan kesungguhan pemerintah dalam menerapkan hilirisasi pertanian ini.


“Pada prinsipnya, Kabupaten Dairi memiliki potensi untuk menguasai hilirisasi tersebut, dan satu patut yang harus kita syukuri juga bahwasanya Kabupaten Dairi sudah memiliki PLUT KUMKM untuk memberikan pendampingan konsultasi produk UMKM, desain produk UMKM, redesign, serta pelabelan,” tutur Dimitria.


PLUT KUMKM Dairi ini berlokasi di Taman Rekreasi Sidikalang.


Penulis : Josua

Editor : Rudi