Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 20 Februari 2023, 18:05 WIB
Last Updated 2023-03-02T11:07:53Z
DairiKarang TarunaUMKM

Karang Taruna Dairi Siap Gerakkan Taruna Wira Usaha

Pengurus Karang Taruna beraudiensi dengan Bupati Dairi. (Foto/Josua)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, keberadaan karang taruna strategis sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Dairi.


Karena itu Karang Taruna Dairi diharapkan berkolaborasi dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Dairi


Targetnya membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.


Untuk itu Pembina Umum Karang Taruna Kabupaten Dairi, Dr.  Eddy Keleng Ate Berutu mendorong karang taruna untuk berkolaborasi dengan camat, kepala desa, lurah  maupun tokoh masyarakat.


Komunikasi yang baik harus terus dijalin, sehingga bisa berkontribusi dalam program-program strategis daerah.


“Anggota karang taruna harus berkolaborasi dengan stakeholder dan tokoh masyarakat, agar mendukung program desa atau kelurahan,” kata Eddy, Senin (20/2/2023)


Karang taruna yang ada di berbagai wilayah desa dinilai, bisa menjadi roda penggerak untuk UMKM setempat, dengan membentuk Kelompok  UMKM TAWIRA (Taruna Wira Usaha)


Karena itu Pengurus Karang Taruna Kabupaten Dairi di dorong agar terus melaksanakan konsolidasi ke tingkat desa dan kelurahan.


“Cari permasalahan sosial dan gali potensi setiap desa atau kelurahan sekaligus  mengevaluasi, mana yang kurang dan mana yang harus dibenahi, supaya lebih baik,” ujar Eddy.


Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi David Silitonga, menyampaikan pihaknya akan menggerakkan pemuda di desa maupun kelurahan, dan siap berkolaborasi dengan pemerintah setempat.


Saat ini, dirinya bersama jajaran terus memperkuat kelembagaan sampai ke tingkat desa atau kelurahan.


Serta mensosialisasikan Gerakan Petani Milenial dengan UKKT Kelompok Taruna Tani dan Kelompok UMKM dengan UKKT TAWIRA.


“Ada beberapa wilayah yang memang belum reorganisasi. Setelah itu, kami akan menggerakkan elemen masyarakat untuk berkolaborasi dengan pemerintah setempat,” terang David


Penulis : Josua

Editor : Rudi