Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 03 Februari 2023, 13:31 WIB
Last Updated 2023-02-09T06:38:57Z
DairiPertanian

Sergai Studi Tiru ke Parbuluan, Pertanian Dairi Disebut Luar Biasa

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kabupaten Sergai di KPT Parbuluan. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Parbuluan – nduma.id


Sebanyak 120 orang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan studi tiru ke Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Hortikultura yang ada di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Jumat 3 Februari 2023.


Diketahui, KPT Parbuluan tersebut telah dicanangkan langsung oleh Gubsu Edy Rahmayadi dan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pada November 2022 lalu sebanyak 22 Hektar.


Kepala Dinas Pertanian Sergai, melalui Kabid Penyuluhan Syamsiah Lubis SP MP mengatakan mereka sengaja memilih Kabupaten Dairi sebagai studi tiru karena Kabupaten Dairi memiliki KPT hortikultura dan Distan Sergai ingin menerapkan hortikultura di Sergai walaupun tidak sampai menggunakan cluster.


“Serdang Bedagai itukan dataran rendah jadi yang kita andalkan adalah padi sawah. Ada juga beberapa petani yang menanam horti seperti cabai, kubis, dan lain-lain, namun hanya sekadarnya saja, karena memang di sana yang dipatenkan adalah padi sawah. Untuk itu, hari ini kami membawa 120 orang PPL kami ke KPT Dairi untuk melihat langsung bagaimana pengelolaan dan teknologi inovasi yang digunakan oleh Kabupaten Dairi mengelola hortikultura dan ini akan kita terapkan ke petani kita melalui PPL nantinya, ” ujar Syamsiah.


Selanjutnya, Syamsiah mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi, khususnya Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Dinas Pertanian Kabupaten Dairi atas kesempatan yang diberikan kepada Dinas Pertanian Serdang Begadai untuk dapat melakukan studi tiru ke KPT Parbuluan V.


“Terimakasih sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk dapat melakukan studi tiru ini. Saya akui bahwa pertanian di Dairi ini luar biasa dan mudah-mudahan apa yang kami dapatkan hari ini bisa kami terapkan kepada petani kami,” tuturnya.


Sementara, Kepala Dinas Pertanian Dairi Robot Simanullang SAB melalui Kabid penyuluhan Sukaedah Angkat mengatakan dengan adanya kunjungan dari Dinas Pertanian Serdang Bedagai diharapkan dapat menambah semangat para penyuluh yang ada di Kabupaten Dairi, terkhusus di sekitar KPT. 


“Dengan kedatangan teman-teman penyuluh sebanyak 120 orang ke KPT ini, diharapkan teman-teman penyuluh kita semakin bersemangat karena luar dari Kabupaten saja datang ke daerah kita untuk menambah ilmu, jadi itu merupakan semangat baru buat teman-teman penyuluh. Sehingga kami meminta buat teman-teman semua supaya semangat dalam membimbing petani semakin ditingkatkan lagi,” ucap Sukaedah. 


Penulis : Rudi

Editor : Novel